Sukses

6 Desain Perabot Hemat Tempat nan Elegan dari Showroom Terbaru Idemu

Liputan6.com, Jakarta -  Luas hunian yang makin sempit memaksa kita harus lebih kreatif dalam menghadirkan perabotan pengisi ruang. Hal tersebut bukan perkara gampang lantaran tak hanya aspek fungsi yang harus diperhatikan, tetapi juga sisi estetikanya agar tetap elegan dan nyaman dipandang mata.

Bila bingung memilih desain perabot yang tepat, sejumlah desain dari Idemu, toko furnitur dari Vivere Group yang baru membuka showroom kedua di Mal Central Park, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu, bisa jadi inspirasi Anda. Kebanyakan menawarkan konsep sleek dan simpel tanpa kehilangan kesan elegan. Simak rangkumannya berikut ini.

Meja Rias Rahasia

Perabot yang satu ini bersifat multifungsi. Bila permukaannya tertutup, Anda bisa memanfaatkannya sebagai meja kerja yang lapang. Tetapi saat meja dibuka, terlihatlah cermin besar untuk berkaca di baliknya.

Terdapat pula ruang yang bersekat-sekat untuk menaruh peralatan rias Anda. Dibuat bersekat agar memudahkan penataan sekaligus menjaga kerapian meja rias. Di samping itu, Anda bisa mencegahnya dari debu dan kotoran.

Bentuknya yang ramping tak terlalu memakan tempat. Sementara, ruang kosong di bawah meja rias ditempatkan stool untuk duduk nyaman saat berdandan maupun bekerja.

2 dari 7 halaman

Lemari Pakaian Berpintu Geser

Pintu geser sangat disarankan untuk menghemat tempat di ruang terbatas. Maka itu, Idemu banyak bermain dengan elemen ini untuk beragam desain perabot, termasuk lemari pakaian.

Meski desainnya simpel, fungsinya bisa beragam. Di bagian pintu misalnya, bisa dipasang kaca cermin untuk mematutkan diri sebelum bepergian. Di sisi lain, cermin juga bisa jadi aksen menambah kesan lapang pada ruang secara keseluruhan. 

Tetapi bila tak nyaman dengan adanya cermin, Anda bisa menyelipkannya di dalam lemari pakaian. Tinggal tarik saja ke luar, cermin bisa langsung dipakai 

Di bagian dalam lemari dibuat sejumlah ruang untuk beragam kebutuhan, misalnya gantungan celana, ruang untuk pakaian yang dilipat, hingga laci dengan sekat untuk menaruh pakaian dalam. Ukuran lemari bisa disesuaikan sesuai kebutuhan dan luas ruangan.

3 dari 7 halaman

Meja Makan Lipat

Desain lain yang menarik untuk disimak adalah meja makan lipat. Perabot yang satu ini direkomendasikan untuk mengisi ruang di apartemen studio.

Dalam luas hanya 24 meter persegi, kebutuhan meja makan bisa terpenuhi tanpa memakan tempat terlalu banyak. Bila tak sedang dipakai, Anda bisa melipatnya hingga menyender pada dinding. Ruang yang bebas bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain.

Meja makan itu juga bisa dimanfaatkan sebagai meja kerja bila peralatan makan disingkirkan. Dengan demikian, Anda tak perlu membeli perabotan lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

4 dari 7 halaman

Kabinet Dapur Berpintu Tekan

Kabinet di dapur sangat penting agar semua perabotan memasak dan makan bisa tertata rapi sekaligus terjaga kebersihannya. Namun, kebanyakan kabinet menggunakan pintu tarik yang terbilang monoton.

Idemu memberikan inspirasi kabinet dapur yang lebih modern, yakni dengan pintu tekan. Tinggal ditekan, pintu bisa terbuka. Selain itu, tanpa pegangan, Anda bisa lebih menghemat biaya.

Kabinet dibuat bersekat untuk memudahkan penataan peralatan. Namun, Anda bisa menyesuaikan desainnya sesuai keperluan.

5 dari 7 halaman

Tempat Tidur Tatami

Konsepnya terinspirasi dari tatami Jepang. Namun, aplikasinya ternyata adalah beberapa storage yang disatukan sebagai alas kasur lipat.

Storage berbentuk wadah persegi empat itu bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang-barang yang jarang dipakai. Sementara, storage di samping yang terbuka bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan. 

Untuk menambah aksen pada ruang, Anda bisa mengecatnya dengan warna cerah. Storage itu juga bisa dibongkar pasang sehingga memudahkan Anda untuk membersihkan ruangan.

6 dari 7 halaman

Lemari Sudut

Nyaris seluruh ruang bisa dimanfaatkan untuk menaruh perabotan, termasuk di dinding terbatas antara dua kamar. Anda bisa memasang lemari tinggi hingga ke langit-langit.

Desainnya simpel dengan perpaduan warna putih dan cokelat kayu. Di dalamnya, Anda bisa menyimpan koleksi sepatu atau tas, tergantung kebutuhan. Anda juga bisa memajang barang kesayangan di rak tersedia. Dengan begitu, kerapian ruang terjaga.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading