Sukses

Jasa Titip Belanja Kini Sudah Sampai Jerman, Inggris dan Korea

Jastip kini menjadi bisnis menguntungkan bagi sebagian besar orang.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku usaha jasa titip (jastip) kian marak. Mereka biasanya menawarkan jasanya melalui platform sosial media (Sosmed) seperti Instagram.  Biasanya mereka yang berprofesi sebagai jastip ini memang hobi belanja juga.

Jadi sekalian belanja buat diri sendiri, membelikan pesanan orang, dan bisa dapat bayaran.Umumnya, pelayanan mereka juga memuaskan, sehingga makin banyak yang memakai jasa mereka.

Jastip pun kini menjadi bisnis menguntungkan bagi sebagian besar orang. Di Indonesia sendiri ada titipbeliin.com yang melayani jasa titip dari Jerman, Inggris dan Korea.

Setelah sukses menjadi solusi jasa titip door to door dari Amerika, Tiongkok dan Singapura startup titipbeliin.com kini memperluas layanan jasa titipnya dengan membuka titipan dari Inggris, Jerman dan Korea.

Perluasan layanan ini memantapkan posisi titipbeliin.com sebagai satu - satunya jasa titip terlengkap dan legal pertama di Indonesia yang juga memasukan pajak sebagai komponen biaya yang dibayarkan pengguna.

Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan nomor 112/PMK.04/2018 terkait pembebanan pajak untuk pembelian produk dari luar negeri dengan besaran >$75 dikenakan bea masuk 7,5%, PPN 10% dan PPh 10% (dengan NPWP) atau PPh 20% (tanpa NPWP).

Menurut Bayu selaku co-founder titipbeliin.com, Inggris, Jerman dan Korea hadir karena banyaknya permintaan konsumen mengingat negara tersebut adalah produsen produk unggulan; Korea dengan kosmetik dan fashion, Inggris dengan produk pop culture seperti sepak bola dan produk luxury serta Jerman dengan produk otomotif kelas dunia.

"Demand-nya banyak tapi belum ada yang memfasilitasi sampai akhirnya konsumen terpaksa memilih jasa titip ilegal seperti hand carry atau bypass yang merugikan negara, untuk itu titipbeliin.com hadir memfasilitasi dengan layanan door to door yang legal," terang Bayu.

Sejak dirilis pada Maret 2019, titipbeliin.com telah menangani 4.500 transaksi legal dengan total transaksi Rp4,2 miliar. Cara kerja titipbeliin.com sederhana saja.

Pengguna hanya perlu menempelkan URL barang yang mau dititip ke dalam homepage titipbeliin.com, isi detail barang seperti dimensi, berat dan harga juga unggah NPWP. Lalu akan muncul harga total yang meliputi harga barang, pajak dan pengiriman internasional.

Setelah itu bayar dengan berbagai metode pembayaran. Pengguna akan menerima barang dalam waktu 3 sampai 15 hari, sedangkan berbagai urusan pajak dan pengiriman telah diurus oleh titipbeliin.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.