Sukses

Cerita Akhir Pekan: 8 Makanan yang Warteg Banget

Liputan6.com, Jakarta - Warung Tegal atau warteg menjadi salah satu destinasi kuliner yang begitu akrab dengan warga Jakarta. Pamornya seakan tak pernah redup di tengah 'gempuran' ragam inovasi makanan yang kini banyak hadir di pasaran.

Keberadaan bisnis kuliner ini telah berhasil memikat ragam kalangan. Bukan hanya karena harganya yang terjangkau, tetapi warteg menawarkan beragam pilihan lauk pauk yang menggugah selera.

Bagi Anda yang kerap makan di warteg, tentu sudah tidak asing lagi dengan pemandangan meja-meja makan di warteg yang juga menyediakan kerupuk dan gorengan sebagai makanan pendamping. Ada pula yang menjual buah seperti pisang.

Bicara soal warteg, tak lengkap rasanya jika tak membahas soal berbagai makanan yang tersaji di sana. Lantas, apa saja makanan yang biasanya tersedia di warteg? Yuk, simak rangkuman Liputan6.com selengkapnya di bawah ini.

1. Aneka Telur

Makanan ini sangat mudah Anda temukan jika memilih untuk menyantap sajian di warteg. Beragam olahan telur bisa jadi pilihan dan dapat disesuaikan dengan selera Anda.

"Ada telur dadar, telur ceplok, dan telur bulat. Yang ceplok nggak pakai cabai dan dadar dimasak dengan daun bawang dan cabai. Harganya Rp5 ribu," kata Fatonah, juru masak warteg yang berada di kawasan Kali Pasir, Cikini, Jakarta Pusat kepada Liputan6.com, Jumat, 15 November 2019.

2 dari 9 halaman

2. Tempe Orek

Anda sering makan di warteg? Pasti sudah tidak asing dengan sajian tempe orek. Makanan ini biasanya ada yang disajikan agak basah atau dimasak agak kering.

"Tempe digoreng garing pakai bumbu cabai dan kemiri, biar agak manis pakai gula merah," jelas Fatonah. Bicara soal harga, ia menjelaskan sesendok tempe orek dijual dengan harga Rp3 ribu.

3 dari 9 halaman

3. Ragam Sayuran

Warteg tentunya menyediakan beragam sayuran. Ada yang dimasak hanya ditumis, disantan, hingga dicampur dengan cabai yang siap membangkitkan selera makan.

"Sayur yang cuma ditumis ada kangkung, pare, sama kacang panjang. Kalau terong dibumbui balado. Harganya sesendok Rp3 ribu," tambahnya.

4 dari 9 halaman

4. Ayam Goreng

Sulit rasanya untuk menepis kenikmatan sepotong ayam goreng. Meski banyak disajikan di berbagai tempat kuliner, ayam goreng juga sangat mudah Anda temui di warteg.

Tak banyak macam, sebelum ayam digoreng biasanya telah dibumbu terlebih dahulu. Ayam goreng tentunya menjadi salah satu menu yang tak kalah pamor dari makanan lain.

5 dari 9 halaman

5. Mi Goreng

Mi goreng juga masuk dalam daftar makanan yang warteg banget. Biasanya, mi yang telah direbus terlebih dahulu kemudian diolah dengan kecap dan dicampur sayur-sayuran seperti kol dan sawi.

6 dari 9 halaman

6. Aneka Ikan

Seperti telur, aneka sajian ikan juga selalu setia berada di etalase warteg. "Biasanya ikan kembung, tongkol, dan cue. Dimasak digoreng saja, kalau ikan kembung dibumbu pesmol," kata Fatonah.

Ikan cue dan tongkol goreng dijual Rp6 ribu, sedangkan ikan kembung dan tongkol kecil seharga Rp7 ribu dan yang agak besar Rp8 ribu.

7 dari 9 halaman

7. Kentang Balado

Sulit dipungkiri, kehadiran kentang balado memang bakal menggugah selera. Tak heran, sajian ini jadi salah satu makanan yang warteg banget.

Biasanya, kentang balado dipotong-potong kecil. Setelah itu baru dimasak dengan bumbu balado.

8 dari 9 halaman

8. Kikil

Bagian daging sapi di bagian kaki ini tentunya masuk dalam daftar makanan yang biasanya disajikan di warteg. Kikil dipotong-potong dadu terlebih dahulu baru diolah seperti menjadi oseng kikil.

Nah, itu dia delapan makanan yang warteg banget. Mana makanan yang jadi favorit Anda ketika menyantap sajian di warteg?

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Di Balik Penyelenggaraan Program Bimbingan Perkawinan
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Gonjang-ganjing Sertifikasi Nikah