Sukses

Tips Jaga Kesehatan Saat Traveling

Liputan6.com, Jakarta - Saat merencanakan liburan ke luar kota atau ke luar negeri, hal yang paling penting adalah mengecek kesehatan. Karena sakit saat sedang traveling bisa mengurangi waktu liburan Anda dan biaya rumah sakit bisa jauh lebih mahal.

Melansir dari The Huffington Post pada Jumat, 1 November 2019, E Patricia Gill, spesialis penyakit menular dan obat-obatan perjalanan di Longmont, Colorado mengatakan, "Area asing, makanan asing, penyakit dari serangga, dan kegiatan petualangan, semuanya dapat menyebabkan penyakit atau cedera."

Untuk itu, Patricia menyarankan agar pergi ke dokter sebelum berangkat traveling. Anda bisa berjaga-jaga membawa obat pencegahan apabila terdeteksi gejala sakit sebelum Anda berangkat. Selain itu, Anda bisa bertanya kepada dokter tentang pencegahan dan pengobatan cepat tanggap untuk penyakit lainnya atau kecelakaan mendadak selama traveling.

Terutama jika Anda pergi ke luar negeri seperti Amerika Serikat. Di sana memiliki standar sanitasi dan sterilisasi yang berbeda, jadi Anda harus vaksin sebelum berangkat. Untuk menghindari penyakit semacam hepatitis B yang bisa menular melalui darah dan cairan tubuh lainnya.

"Bersiap untuk situasi ini dapat meringankan situasi panik jika ia atau temannya mendapati kejadian darurat di perjalanan," kata Robert Qugley, Wakil Presdir The Medical and Travel Support Companies Internasional SOS anda Medaire.

2 dari 3 halaman

Bawa Uang Tunai

Jangan lupa untuk membawa uang tunai di mana pun Anda berada. Jika berpergian ke perkampungan, akan sangat susah menemukan mesin ATM. Jadi kalau uang sudah ada, Anda tidak perlu khawatir untuk membeli obat jika tiba-tiba terserang penyakit.

Uang tunai juga dibutuhkan untuk membeli makanan sehat. Jangan coba-coba makanan yang tidak biasa, kecuali sudah terbukti sehat dan tidak berbahaya.

Lebih baik lagi jika Anda membawa seorang teman atau anggota keluarga turut serta pergi bersama. Pergi berdua dengan teman bisa saling membantu komunikasi dan perawatan pribadi, jadi bisa memudahkan perjalanan Anda.

Terakhir, kekhawatiran tiada berhenti. Satu-satunya pencegahan yaitu periksa asuransi Anda sebelum berangkat, jangan sampai sudah kedaluwarsa.

Jika Anda pergi dengan jasa perjalanan, pastikan Anda juga mendapatkan asuransi perjalanannya. Tapi jika Anda berpergian secara pribadi, periksalah kartu asuransi Anda. Periksa juga daftar rumah sakit terdekat dari destinasi yang dituju dan terrkoneksi dengan perusahaan asuransi Anda. Itu memudahkan perjalanan Anda. (Ossid Duha Jussas Salma)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Jaga Kesehatan Saat Traveling di Musim Pancaroba
Artikel Selanjutnya
Suka Traveling, 5 Benda Unik Ini Buat Petualanganmu Makin Seru