Sukses

6 Model Kebaya Iriana Saat Mendampingi Jokowi Bertugas

Liputan6.com, Jakarta - Masa jabat Presiden Joko Widodo untuk periode 2014-2019 segera berakhir. Pada 20 Oktober mendatang, Jokowi akan kembali dilantik menjadi presiden dengan K. H. Ma'aruf Amin sebagai wakil presidennya.

Mengenang kembali masa jabat sebelumnya, sebagai seorang kepala negara pasti memiliki segudang aktivitas dan kesibukan. Contohnya, berkunjung ke negara lain untuk hubungan bilateral maupun konferensi, atau bertemu dengan para pemimpin daerah lainnya.

Selama menjalankan kewajibannya, tak jarang ibu negara, Iriana Jokowi terlihat mendampingi sang suami. Dalam beberapa pertemuan, penampilan Iriana juga menarik perhatian.

Beberapa kali Jokowi dan Iriana mengenakan pakaian tradisional jika berkunjung ke daerah tertentu. Tapi, bila berkunjung ke luar negeri kebanyakan dia mengenakan kebaya nan anggun.

Liputan6.com merangkum enam kebaya yang dikenakan Iriana selama menemani perjalanan Presiden Jokowi selama menjabat.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 8 halaman

KTT G20 di Osaka, Jepang

Kebaya ini dikenakannya untuk menemani sang suami dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang. Saat bertolak ke Jepang, terlihat Iriana mengenakan kebaya panjang berwarna merah yang dilengkapi sarung dari batik bermotif parang. Tak ketinggalan, Iriana melengkapi penampilannya dengan menambahkan kain batik pula.

Terlihat Presiden Jokowi menggandeng tangan istrinya saat hendak menuruni tangga pesawat. Dalam kesempatan tersebut, Iriana juga terlihat membawa tas tangan warna hitam dan mengenakan flat shoes dengan warna senada.

3 dari 8 halaman

Pelantikan Gubernur Maluku Utara

Kali ini, Iriana mendampingi Jokowi dalam pelantikan Abdul Gani Kasuba dan M. Al Yasin Ali sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara periode 2019-2024. Kegiatan ini dilakukan di Istana Merdeka bersama-sama dengan Wakil Presiden, Jusuf Kalla berserta istri.

Di kesempatan ini, Iriana terlihat mengenakan kebaya berwarna oranye lengkap dengan bros emas. Tak ketinggalan, dia juga menata rambut dengan menyanggulnya serta dilengkapi dengan bunga melati. 

4 dari 8 halaman

KTT ke-33 ASEAN di Singapura

Saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ke-33 ASEAN di Singapura, Iriana terlihat menemani Jokowi dengan mengenakan kebaya panjang warna putih. Seolah sudah menjadi gaya khas, di sini dia juga mengenakan kain batik panjang sebagai selendang.

Tak ketinggalan, rambutnya yang disanggul, tas tangan yang dijinjing dan menggunakan flat shoes hitam semakin membuat anggun penampilan ibu negara.

5 dari 8 halaman

Pertemuan Tahunan IMF

"Di tengah upaya pemulihan Sulawesi Tengah dan Lombok yang baru dilanda bencana, kita tetap mempersiapkan dengan sungguh-sungguh penyelenggaraan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali yang berlangsung 8-14 Oktober 2018 ini," tulis Jokowi dalam keterangan foto tersebut.

Di kesempatan kali ini, Iriana terlihat mendampingi Jokowi dengan mengenakan kebaya berwarna merah berbahan satin lengkap dengan bros emas. Tak seperti biasanya yang menggunakan kain batik sebagai selendang, kali ini Iriana mengenakan ikat pinggang khas wanita Bali yang biasa disebut senteng.

6 dari 8 halaman

Pertemuan dengan Presiden Timor Leste

Kebaya ini dikenakannya pada 2016, saat itu Presiden Jokowi sedang berkunjung ke Timor Leste untuk menjalin silahturami. Saat itu, Presiden Timor Leste dan istri memberikan penghargaan bintang jasa tertinggi the Grand Collar of the Order of Timor-Leste kepada Jokowi.

Di sini, Iriana terlihat menawan dengan menggunakan kebaya berwarna pink lengkap dengan bros warna perak. Tak jauh berbeda dari biasanya, dia menyanggul rambutnya, memegang tas berwarna hitam serta menggunakan sepatu hak tinggi dengan warna senada. Tak ketinggalan, selendang batik panjang menjuntai ke bawah juga dikenakannya di sisi kanan pundaknya.

7 dari 8 halaman

Pertemuan dengan Perdana Menteri Sri Lanka

Kebaya yang dikenakan kali ini merupakan kebaya peranakan dan digunakan dalam kegiatan Jokowi pada 2016 lalu. Dia menemani Jokowi yang bertemu dengan Perdana Menteri Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe untuk membahas mengenai perkembangan produk Indonesia di Bangladesh.

Di sini, Iriana menggunakan kebaya berbahan satin dengan warna magenta. Dia memadankannya dengan rok dari kain batik dan sepatu hak tinggi warna hitam. Tak seperti biasanya, dia tak menyanggul rambutnya, justru membiarkannya terurai.

(Novi Thedora)

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

  • Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Iriana Jokowi
  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Kebaya
  • Batik
Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Jokowi Disentil Pemimpin Dunia karena Masih Gunakan PLTU Batu Bara
Artikel Selanjutnya
Jokowi Ajak Pengusaha Tambang Hentikan Ekspor Mineral