Sukses

Akses Mudah, Yuk Datang ke Grama Tirta Jatiluhur

Bendungan Jatiluhur yang dibangun pada 1957 itu fungsinya bukan sekadar untuk irigasi saja, tapi juga air minum, budidaya perikanan, dan pengendali banjir yang dikelola Perum Jasa Trita II.

Liputan6.com, Jakarta Sawah seluas 242 ribu hektare menjadi tempat penyediaan air irigasi di Bendungan Jatiluhur. Ya, bendungan yang dibangun pada 1957 itu fungsinya bukan sekadar untuk irigasi saja, tapi juga air minum, budidaya perikanan, dan pengendali banjir yang dikelola Perum Jasa Trita II. 

Menariknya Bendungan Jatiluhur menjadi PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia dan menjadi bendungan serbaguna pertama di Indonesia. Serbaguna karena sekarang hadir fasilitas rekreasi, yaitu Grama Tirta Jatiluhur. 

Nama Grama Tirta diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti Kampung Air. Lokasinya ada di Kecamatan Jatiluhur atau sekitar 15 dari pusat kota, enam kilometer dari pintu gerbang tol Jatiluhur. Dari Bandung hanya 40 menit dan 1,5 jam dari pintu tol Pondok Gede. 

Lalu ada apa saja sih di Grama Tirta Jatiluhur? Grama Tirta Jatiluhur memiliki panorama danau terbentang seluas 8.300 ha. Anda dapat berolahraga dan melakukan rekreasi air seperti mendayung, berski air, berselancar angin, juga menggunakan kapal pesiar. 

Selain itu, ada juga Jatiluhur Water World (JWW). Di dalam JWW terdapat banyak kolam renang dengan berbagai ukuran, mulai dari standar olimpiade, berseluncur, hingga kolam dangkal. 

Permainan air dijamin makin seru dengan adanya wahana ember tumpah dan bungee trampoline. Bila itu masih kurang, Grama Tirta Jatiluhur juga menyediakan fasilitas flying fox untuk Sahabat Purwakarta yang ingin merasakan adrenalinnya terpompa. 

Penikmat alam? Grama Tirta Jatiluhur juga menawarkan panorama cantik. Barisan pegunungan dan kicau burung siap menemani kesunyian alam. 

Ketika senja datang, panca indera dimanjakan dengan kemuning langit yang berkilauan di permukaan danau. Dan saat sore berganti malam, memancing ikan—-lalu menikmati ikan bakar, dapat menjadi kesenangan tersendiri yang pastinya akan membuat Sahabat Purwakarta tak ingin pulang. Jadi, tunggu apa lagi? Berkemaslah dan singgahlah ke Grama Tirta Jatiluhur.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini