Sukses

5 Trik Merawat Teflon agar Bebas dari Goresan

Liputan6.com, Jakarta - Peralatan masak, termasuk teflon, sudah semestinya dirawat dengan baik. Investasi di bidang ini membuat Anda tak akan sering keluar uang, mengingat harga barang yang tak sebegitu murah.

 

Perawatannya bisa dimulai dengan membuat teflon terhindar dari goresan. Tak hanya soal tampilan, tapi pencegahan ini membuat teflon bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut beberapa tipsnya seperti dirangkumkan Fimela.

Gunakan spatula kayu

Jangan menggunakan spatula dari logam karena cenderung mudah menggores lapisan hitam pada teflon. Permukaan tumpul spatula lebih aman menjaga permukaan teflon.

Cuci dengan permukaan spon halus

Ketika selesai digunakan, cuci bersih teflon dengan spon yang permukananya halus. Jika masih ada minyak yang menempl, lakukan lagi dengan cara yang sama, jangan menggunakan pencuci berpermukaan kasar.

2 dari 3 halaman

Merawat Teflon dari Goresan

Gunakan api sedang ketika memasak

Ketika memasak, pastikan hanya memakai api kecil hingga sedang karena sebenarnya teflon tidak cocok digunakan untuk menggoreng makanan dengan suhu tinggi.

Jangan langsung dicuci

Diamkan dulu teflon yang telah dipakai hingga panasnya hilang. Jangan langsung menuang air di teflon panas karena akan membuat lapisan anti lengketnya mudah mengelupas.

Simpan dalam keadaan telungkup

Setelah dicuci bersih, jangan biarkan teflon mengalami kontak dengan peralatan makan lain. Simpan dalam keadaan telungkup. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: