Sukses

Cara Membuat Crepes dengan Teflon, Enak dan Mudah Dipraktikkan di Rumah

Panganan yang banyak digemari orang ini renyah dan banyak varian.

Liputan6.com, Jakarta Crepes merupakan salah satu macam panganan yang sangat digemari banyak orang. Bentuknya yang tipis dan renyah serta memiliki beragam varian isi dan toping membuatnya diminati oleh semua orang. Tak heran jika jajanan satu ini tak pernah sepi dari para penikmat kuliner.

Crepes ini sendiri merupakan jajanan yang asalnya dari benua Eropa namun sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Jika dilihat dari segi bahasa, nama ‘crepes’ berarti meringkuk, yang diambil dari bahasa Prancis, ‘crispa’. Bila dilihat sekilas, bentuk kue crepes ini memang seperti meringkuk ketika disajikan, adonan kue crepes ini sudah dilipat-lipat terlebih dahulu. 

Sejak awal kemunculannya sampai saat ini, crepes bisa dikategorikan menjadi 2 macam. Jenis yang pertama yaitu crepes manis (crepe sucree). Adapun bahan tambahan yang kerap digunakan untuk crepes manis adalah selai, pisang, coklat, potongan buah, es krim, sirup, gula, dan masih banyak lagi. Lantaran rasanya manis, kue crepes manis sangat digemari oleh kalangan anak-anak hingga dewasa. 

Sedangkan untuk macam kue crepes kedua adalah crepes asin/gurih atau biasa disebut crepe salee. Seperti namanya, kue satu ini memiliki rasa yang lebih gurih atau asin. Rasa gurihnya bersumber dari bahan tambahan seperti bayam, telur, keju, jamur dan masih banyak lagi.

Kue cepres manis biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau hidangan penutup (dessert), sedangkan untuk kue crepes asin sebagai sajian hidangan pembuka. Crepes manis sendiri seringnya dibuat dengan bahan utama tepung terigu, sedangkan crepes asin dibuat dengan tepung buckwheat.

Sebagai salah satu jajanan yang begitu populer dan digemari oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda, tidak heran jika kamu dapat menjumpai pedagang kue crepes di berbagai sudut kota. Akan tetapi, kamu tak perlu membeli kue ini jika hanya untuk bisa menikmati renyahnya crepes.

Kamu bisa membuatnya sendiri di dapur dengan mengikuti resep cara membuat kue crepes berikut ini. Berikut cara membuat crepes dengan teflon yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/11/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan cara membuat crepes:

- 100 gram tepung terigu berprotein sedang

- 150 ml susu cair, bisa juga susu bubuk yang sudah dicampur air

- 1 butir telur

- 1 sdm magarin dilelehkan

- ½ sdt baking powder

3 dari 4 halaman

Bahan Isi Crepes:

- Pisang yang sudah dipotong kecil-kecil

- Keju

- Choco chip

- Meses

- Susu

- Selai coklat

- Bahan-bahan lain yang bisa digunakan untuk toping secara terpisah atau dicampurkan agar mendapatkan rasa yang lebih lezat

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Crepes:

1. Kocok susu dan telur yang ada dengan memakai whisker sampai campurannya rata dan terlihat berbusa. Pastikan untuk mengocok sampai adonannya terlihat berbusa untuk membuat adonan kue crepes tetap kenyal.

2. Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Ada baiknya kamu memasukkan tepung terigu sembari diayak agar tepungnya jatuh secara merata dan membuat proses pengadonan menjadi mudah. Aduk terus hingga rata.

3. Tuangkan baking powder ke dalam adonan tadi lalu aduk lagi hingga merata.

4. Tuangkan margarin yang sudah dilelehkan sebelumnya, aduk lagi hingga merata.

5. Siapkan teflon yang akan digunakan untuk membuat kue crepes. Panaskan teflon terlebih dahulu.

6. Jika teflonnya sudah panas, angkat dulu dari perapian, lalu masukkan 1 sendok sayur adonan crepes, putar teflon hingga adonannya rata dan tipis.

7. Kemudian taruh kembali teflon di atas kompor menggunakan api kecil agar adonan crepes tidak gosong.

8. Sementara adonan masih dipanaskan, letakkan bahan isian di atasnya misalnya potongan pisang kemudian diberi keju parut dan meses.

9. Sesudah itu lipat crepes menjadi dua bagian, kemudian lipat sekali lagi sampai membentuk segi tiga.

10. Angkat dan sajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.