Sukses

6 Kampung Inggris yang ada di Indonesia, Mau Coba Kursus di Salah Satunya?

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berjalannya waktu, masyarakat sadar bahwa memiliki kemampuan Bahasa Inggris menjadi kebutuhan penting pada zaman modern. Banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk kursus Bahasa Inggris, salah satunya Kampung Inggris.

Kampung Inggris makin banyak diminati oleh kalangan milenial untuk belajar Bahasa Inggris. Biasanya, tempat ini dibarengi dengan masyarakatnya yang juga menggunakan Bahasa Inggris dalam beraktivitas sehari-harinya.

Dimulai dari satu tempat, Kampung Inggris kini tersebar ke berbagai penjuru Indonesia. Liputan6.com merekomendasikan enam Kampung Inggris yang bisa didatangi, dilansir dari berbagai sumber, Selasa, 6 Agustus 2019.

1. Kampung Inggris Kediri

Lembaga kursus ini sangat populer di kalangan masyarakat. Berlokasi di Desa Singgahan dan Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur, membuat kampung ini ramai dikunjungi berbagai masyarakat baik lokal maupun non lokal.

Kampung Inggris Kediri adalah sebuah perkampungan kecil yang jauh dari keramaian kota. Semua masyarakat yang tinggal di tempat ini adalah orang Indonesia asli dan menggunakan bahasa Jawa saat berbicara.

Tetapi kini, Kampung Pare memiliki 100 lembaga kursus yang beroperasi dan menjadi pusat pembelajaran Bahasa Inggris terbesar di Indonesia. Biasanya, banyak orang yang datang untuk belajar Bahasa Inggris saat liburan tiba.

Sistem belajar di Kampung ini lebih mengarah ke sistem pembelajaran konvensional. Penekanan ada pada kedisiplinan, intensitas belajar dan lingkungan kampung yang mendukung. Berbagai fasilitas umum mudah didapatkan mulai dari kelas, penginapan, tempat ibadah, hingga transportasi.

Lembaga kursus yang ada di Kampung Inggris Pare menawarkan berbagai variasi kursus, mulai dari segi waktu, spesialisasi program, metode hingga biaya. Kelas baru di Kampung Inggris biasanya dimulai setiap bulan pada tanggal 10 dan 25.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 6 halaman

2. Kampung Inggris Magelang

Kampung Inggris Magelang atau yang biasa dikenal Desa Bahasa Borobudur juga menjadi tempat kursus yang marak dikunjungi berbagai orang. Lembaga ini berlokasi di Dusun Parakan, Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Berbeda halnya dengan Kampung Inggris di Pare, kampung ini hanya memiliki satu lembaga saja yang mengajarkan khsusus Bahasa Inggris. Lemabag ini memang memberdayakan sumber daya desa sehingga lebih dikenal dengan 'Desa Bahasa'.

Selain untuk belajar bahasa Inggris, Desa ini juga bisa dijadikan destinasi wisata sambil belajar bahasa. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah teknik listening dan drilling para peserta biasanya cukup mendengarkan, menirukan dan mengucapkan.

Lembaga ini juga menyediakan tempat penginapan atau homestay. Para peserta yang mengikuti kursus juga diajak bermain sambil belajar, salah satunya seperti memberikan memberikan makan sapi dan juga outbond.

3 dari 6 halaman

3. Kampung Inggris Bandung

Kampung Inggris Bandung atau yang lebih dikenal dengan Desa Inggris juga menjadi lembaga kursus bahasa Inggris. Kampung ini terletak di Jl. Gegerkalong 21, Kota Bandung, dan terkenal dengan sebutan We English Kampung Inggris Bandung.

Metode yang digunakan adalah praktik langsung dan menerapkannya seperti dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran bisa melalui outbond, bermain dan berkomunitas dengan orang–orang yang gemar belajar Bahasa Inggris. 

Setiap peserta akandidorong untuk berkomunikasi dan bercakap-cakap hanya dalam Bahasa Inggris. Peserta akan dipandu oleh tutor yang berpengalaman. Tak hanya itu belajar pun akan sangat mudah karena sambil jalan-jalan ke beberapa tempat wisata di dekat Desa Inggris.

Lembaga ini terbilang cukup unik karena Desa Inggris menawarkan pemandangan miniatur seperti desa yang ada di Inggris, mulai dari rumah, halaman, taman, hingga budaya. Setiap peserta juga bisa menginap di kompleks untuk memaksimalkan ulasan pembelajarannya.

4 dari 6 halaman

4. Kampung Inggris Sumatera Barat

Selanjutnya, ada pula Kampung Inggris di Sumatera Barat bernama Harau Valley English School. Berbagai masyarakat ramai mengunjungi tempat ini untuk kursus Bahasa Inggris, persiapan ujian TOEFL, dan persiapan ujian IELTS.

Berlokasi di Jl. Raya Tarantang, Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat membuat lembaga kursus ini berbeda dari yang lainnya. Para peserta akan tinggal di penginapan yang menawarkan pemandangan pepohonan asri dan sejuk.

Metode pembelajaran yang digunakan adalah speaking, listening, writing, dan reading. Para peserta akan langsung di ajak komunikasi satu sama lain. Tak hanya itu, di tempat ini terdapat bule yang langsung mengajak peserta berinteraksi.

Lembaga ini memiliki fasilitas lengkap mulai dari asrama, tempat ibadah, pemandangan alam, wifi, perpustakaan, hingga kolam kecil. Seluruh peserta yang belajar disini akan dibuat nyaman dan mampu menguasai Bahasa Inggris.

5 dari 6 halaman

5. Kampung Inggris Solo

Solo juga memiliki lembaga kursus seperti Kampung Inggris di Pare bernama Solo English Camp (SEC). Lembaga seperti fasilitas asrama untuk siswa/mahasiswa untuk tinggal dan belajar Bahasa Inggris bersama dengan beragam aktivitas yang menunjang.

Lembaga SEC berlokasi di Kebun baru RT 002/010 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Metode belajar yang digunakan pada lembaga ini adalah berinteraksi langsung dan bisa menginap di asrama. Pesera akan diajarkan grammar, berbicara, menulis, mendengarkan, membaca, TOEFL, dan lain-lain.

Tempat ini memiliki keunikan dari lembaga biasanya. Waktu yang digunakan untuk belajar adalah malam hari setelah maghrib dan pagi hari setelah subuh sehingga tidak mengganggu pembelajaran di sekolah ataupun di kampus.

Selain itu, berbagai fasilitas lengkap ada di tempat ini mulai dari kamar tidur, tempat ibadah, makan, laundry hingga wifi. Prinsip lembaga ini memang ingin peserta bisa berbahasa Inggris tanpa mengganggu pembelajaran akademik.

6 dari 6 halaman

6. Kampung Inggris Jakarta

Terakhir adalah Kampung Inggris yang berada di Jakarta. Berlokasi di Jl. Swadaya 2 No. 21 A, Tanjung Barat Jagakarsa, Jakarta Selatan, kampung ini menerapkan English Area untuk menunjang kemampuan murid agar terbiasa menggunakan Bahasa Inggris.

Kampung Inggris di wilayah Jakarta ini terkenal dengan sebutan Easy English Center (EEC) Kampung Inggris Jakarta. Pengelola lembaga ini adalah pengajar aktif yang berada di Kampung Inggris Pare sehingga metode yang digunakan mirip seperti di Pare.

Lembaga ini secara tidak langsung memaksa alam bawah sadar para peserta untuk berbicara Bahasa Inggris di akhir periode belajar. Paket yang ditawarkan pun berbeda-beda sesuai dengan minat peserta.

Failitas yang disediakan mulai dari saung untuk tempat belajar, tempat ibadah, kelas memasak, hingga berkunjung ke rumah warga. Lembaga ini mengedepankan kemampuan para pesertanya agar mempunyai skill Bahasa Inggris yang mumpuni.(Devita Nur Azizah)