Sukses

Usai Lebaran, Sebaiknya Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Makanan dan minuman sapa saja yang sebaiknya dikonsumsi usai lebaran agar tubuh makin sehat?

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan dan lebaran baru saja berlalu. Tak hanya untuk ibadah, puasa juga merupakan proses detoksifikasi yang bagus untuk tubuh. Sayangnya, manfaat puasa selama hampir 30 hari sering jadi rusak karena makan makanan lebaran selama beberapa hari.

Santan, daging, dan minyak dalam makanan lebaran seperti opor, semur, rendang maupun sayur ketupat itu bisa menimbun lemak karena sulit diproses tubuh.

Selain itu, makanan lebaran juga akrab dengan kolesterol jahat dan darah tinggi. Untuk menghindari penyakit-penyakit yang tak diinginkan, sebaiknya seimbangkan makanan lebaran yang sudah Anda santap dengan mengonsumsi yang sehat yang tinggi serat.

Dilansir dari Fimela, Rabu 12 Juni 2019, berikut beberapa makanan dan minuman yang pas dikonsumsi usai lebaran seperti sekarang ini.

Sayuran

Sayur-sayuran memang sarat dengan manfaat. Sebaiknya kalau Anda ingin kenyang, perbanyak makan sayuran.

Tubuh Anda butuh serat dalam sayuran untuk memperlancar proses metabolisme dan memproses seluruh makanan yang masuk. Dengan begitu, Anda akan tehindar dari kolesterol jahat yang berbahaya usai lebaran ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teh Garlic

Untuk minuman, disarankan meminmlarutkan bawang putih, madu, jahe, juga perasan lemon bersama air seduhan teh. Larutan tersebut ampuh untuk membakar lemak dan mendorong metabolisme dalam tubuh kita.

Jahe

Minuman lain yang sangat pas dikonsumsi setelah lebaran adalah air jahe. Minum air jahe banyak manfaatnya, seperti untuk membantu mengurangi lemak pada perut.

Cukup rebus saja potongan jahe sampai airnya mendidih. Lalu tambahkan madu murni saat disajikan untuk menambah rasa manis.Sebaiknya diminum selagi hangat.  (fitriandiani/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.