Sukses

Sejarah Masjid Jamek Al Munawarah Malaysia yang Kerap Dikunjungi Ustaz Arifin Ilham

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari Ustaz Arifin Ilham. Dai berusia 49 tahun tersebut meninggal dunia setelah melewati masa kritis di Penang, Malaysia, Rabu, 22 Mei 2019.

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh putra Ustaz Arifin, Alvin Faiz melalui akun Instagram pribadinya. Ia mendoakan kepergian sang ayah tercinta.

Jenazah pendakwah dan Pimpinan Majelis Az-Zikra Ustadz itu disalatkan di Masjid Jamek Al-Munawar, Pulau Penang, Malaysia, sebelum dibawa pulang ke Indonesia. Almarhum rencananya akan dimakamkan di Pesantren Azzikra, Gunung Sindur, Bogor.

Masjid Al-Munawar berjarak sekitar 200 meter dari Rumah Sakit Gleneagles, tempat Arifin Ilham dirawat dan Apartemen Mansion One, tempat ibu dan istrinya, tinggal selama di Penang.

Pada 30 April 2019, Ustadz Arifin Ilham bersama pendamping dan putra-putranya sempat berjalan kaki dari Apartemen Mansion One ke Masjid Al-Munawar dengan menyusuri trotoar.

Di masjid yang indah, asri dan didominas warna putih tersebut, dia sempat mengaji, salat berjemaah, dan memberi tausiyah. Al Munawar yang dibangun pemerintah daerah Penang sudah berdiri sejak 1930 dan termasuk salah satu masjid tertua di Malaysia.

Dilansir laman penang travel trip, masjid yang kerap disambangi Arifin Ilham ini berlokasi di Jalan Kelawei, tepatnya di Jalan Kelawai, Kampung Syed, 10350 George Town, Pulau Pinang, Malaysia.

2 dari 3 halaman

Beberapa Kali Renovasi

Kawasan ini dulu dikenal sebagai tempat tinggal nelayan karena tak jauh dari pantai. Beberapa perahu nelayan yang sudah tak digunakan masih terpajang di pinggir pantai di Burnet Drove.

Masjid ini sudah beberapa kali mengalami renovasi, terakhir pada 2012 lalu yang membuatnya semakin besar, indah dan nyaman.

Kalau Anda sedang berada di Malasia dan ingin melihat Masjid Jamek Al-Munawar yang sering dikunjungi mendiang Ustaz Arifin Ilham, bisa menggunakan bus Rapid Penang 103 dan turun setelah apartamen The Palazzo.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ustaz Arifin Ilham Meninggal, Syahrini hingga Mulan Jameela Ikut Berduka
Artikel Selanjutnya
Wasiat Ustaz Arifin Ilham Minta Dimakamkan di Dekat Pohon Kedondong