Sukses

Tips agar Tak Cepat Lapar dan Lemas Saat Puasa

Salah satu cara agar tak cepat lapar dan lemas saat puasa adalah jangan banyak makan saat sahur.

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim di Indonesia menjalankan ibadah puasa sekitar 13 jam. Dalam pelaksanannya, mereka harus menahan rasa lapar, haus, dan rasa lemas. Meski berpuasa, tentu harus tetap menjalankan kegiatan sehari-hari seperti biasa.

Jangan khawatir, lantaran ada tips agar tak cepat cepat lapar, haus, dan lemas selama berpuasa. Menurut pakar diet dari Nisantasi University di Istanbul, Turki, Maryem Berrin Ak, porsi dan jenis makanan saat sahur akan sangat menentukan jalannya puasa seseorang.

Dilansir dari Daily Sabah, Senin (20/5/2019), agar mampu berpuasa tanpa merasa cepat lapar, haus, dan lemas, maka disarankan untuk tak makan banyak saat sahur.

"Anda salah besar kalau berpikir harus makan banyak saat sahur supaya tidak merasa lapar di siang hari. Yang terpenting adalah makan lebih sedikit dan makan secukupnya,"  jelas Maryem.

Walaupun disarankan untuk tak makan banyak, mereka yang akan menjalankan ibadah puasa disarankan untuk tak meninggalkan makan sahur. Pasal, sahur saat puasa merupakan pengganti sarapan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ringan dan Mudah Dicerna

Makanan yang disarankan untuk sahur adalah makanan yang mudah dicerna. Menu sahur juga harus tinggi protein dan vitamin seperti susu, keju, telur, mentimun, tomat, kacang-kacangan, dan roti gandum.

Kalau ingin sahur secara praktis dan cepat, semangkuk sup dan sepotong roti gandum bisa dikonsumsi. Bisa juga dengan mengonsumsi kurma dan hindari makanan yang digoreng, serta asin agar tak dehidrasi di siang hari.

Maryem menyarankan agar berbuka puasa dengan makanan ringan, serta mudah dicerna lebih dulu, jangan langsung menyantap makanan berat. Lalu , alau Anda makan terlalu cepat untuk menghilangkan rasa lapar, justru akan mendorong sistem pencernaan bekerja terlalu keras.

Untuk itu, makanlah secara perlahan dan tetap dengan porsi kecil. Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti kurma dan buah-buahan lainnya di bulan Ramadan sangat disarankan, terutama untuk mempertahankan sistem pencernaan tetap sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.