Sukses

Pangeran Harry Gugat Agensi Foto, Ada Apakah?

Pangeran Harry menyebut agensi foto itu telah membuat keluarga kecilnya khawatir akan keselamatan dan keamanan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan keluarga kerajaan Inggris memang selalu sukses untuk mengundang perhatian banyak pihak. Meski begitu, Pangeran Harry tetap ingin mempertahankan privasi keluarga kecilnya bersama Meghan Markle dan sang buah hati, Archie.

Melansir Hello Magazine, Jumat (17/5/2019), Duke of Sussex merilis pernyataan sebagai bagian dari gugatannya pada agen foto. Rumah pedesaan Harry dan Meghan Markle senilai 2,5 juta Poundsterling atau sekitar Rp 46,2 miliar di Cotswolds difoto dari helikopter pada Januari lalu.

Foto-foto tersebut kemudian dicetak di surat kabar mendorong para bangsawan untuk pindah setelah khawatir akan "keselamatan dan keamanan" mereka. Ruang tamu, ruang makan, dan ruang tidur pasangan yang menikah pada 19 Mei 2018 itu juga terlihat.

Pernyataan Pangeran Harry dibacakan di pengadilan terbuka pada Kamis, 16 Mei 2019 yang mencatat bahwa ia menerima permintaan maaf agensi dan kerusakan substansial.

"Duke of Sussex mengakui dan menyambut permintaan maaf resmi dari Splash News and Picture Agency sebagaimana dirujuk dalam Pernyataan di Pengadilan Terbuka hari ini," demikian bunyi pernyataan singkat dari istana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melanggar Privasi

Sedangkan, pernyataan pengadilan dibacakan oleh pengacara Pangeran Harry, Gerrard Tyrell berbunyi, "Properti itu telah dipilih oleh Duke untuk dirinya sendiri dan istrinya karena tingginya privasi yang diberikan karena posisinya di daerah terpencil yang dikelilingi oleh tanah pertanian pribadi jauh dari daerah mana pun yang memiliki akses fotografer."

"Helikopter terbang di atas rumah di ketinggian rendah yang memungkinkan Splash untuk mengambil foto dari dan ke ruang tamu dan ruang makan rumah dan langsung ke kamar tidur. Sindikasi dan publikasi foto-foto sangat serius merusak keselamatan dan keamanan Yang Mulia dan rumah sepanjang mereka tidak lagi bisa tinggal di properti." lanjut pernyataan itu.

Di sisi lain, pernyatan menyimpulkan bahwa agensi tersebut tidak akan mengulangi tindakan dengan memakai alat udara apa pun untuk mengambil foto dan rekaman film dari rumah pribadi Duke yang akan melanggar privasi atau hak data atau jika tidak menjadi aktivitas yang melanggar hukum.

"Splash selalu mengakui bahwa situasi ini merupakan kesalahan penilaian dan kami telah mengambil langkah-langkah untuk memastikannya tidak akan terulang. Kami meminta maaf kepada Duke dan Duchess atas kesusahan yang telah kami sebabkan," jelas pihak Splash.

Saat ini, Pangeran Harry dan Meghan Markle telah menetap di rumah baru mereka di Frogmore Cottage, Windsor dan di sana mereka berencana untuk membesarkan putra mereka, Archie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.