Sukses

4 Kawasan Wisata Keluarga di Lombok yang Ramah Anak

Simak daftar tempat wisata keluarga di Lombok yang ramah anak.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan surga wisata dunia, termasuk Lombok. Kawasan yang masuk dalam wilayah Provinsi NTB ini terkenal dengan suguhan pemandangannya yang indah. Bahkan para turis mancanegara pun mengakui keindahan pulau yang satu ini.

Buktinya, Lombok pernah menjadi Best Island in The World versi majalah wisata internasional. Karena itu, menghabiskan liburan bersama keluarga dengan mengunjungi Lombok merupakan pilihan yang pas dan menyenangkan.

Kalau tiket pesawat ke Lombok sudah di tangan, Anda tinggal menyusun itinerary—termasuk menentukan tempat wisata yang tepat untuk anak-anak. Anda bisa mempertimbangkan beberapa tempat wisata di Lombok yang ramah anak yang direkomendasikan oleh Airy berikut ini.

Taman Narmada

Kalau ingin mengajak anak-anak liburan sekaligus mengenalkan sejarah Indonesia, Taman Narmada adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang tepat untuk belajar sejarah. Berlokasi di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, taman pemujaan dan peristirahatan raja ini merupakan replika Gunung Rinjani.

Dibangun pada 1727, Taman Narmada memiliki luas hampir 3 ha. Dulunya, tempat ini tidak hanya digunakan sebagai peristirahatan raja, tetapi juga sering menjadi lokasi upacara keagamaan bagi umat Hindu.

Biaya masuk kawasan wisata sejarah ini cukup terjangkau. Hanya dengan Rp 6.000 per orang, Anda dan keluarga dapat menyaksikan bukti sejarah dari peradaban Raja Mataram Lombok.

Salah satu bagian dari Taman Narmada yang paling banyak menarik perhatian wisatawan adalah Balai Petirtaan. Sumber mata air yang mengalir di Balai Petirtaan berasal dari Gunung Rinjani. Air pada Balai Petirtaan ini dipercaya dapat membuat penggunanya awet muda.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi Taman Narmada, antara lain: Kita harus mengenakan selendang warna kuning ketika masuk ke kawasan wisata Balai Petirtaan. Lalu, perempuan yang sedang haid dilarang mengunjungi kawasan suci ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pantai Sire

Ingin mengajak buah hati Anda menikmati ombak pantai yang indah dan tenang? Pantai Sire tempatnya. Terletak di kawasan Lombok Utara, akses menuju Pantai tersebut terbilang cukup mudah. Perjalanan ke pantai yang terletak dalam jarak 43 Km dari Kota Mataram ini dapat ditempuh dalam waktu satu jam.

Pemandangan sisi timur Gunung Rinjani yang indah, tampak dari Pantai Sire. Selain berenang, Anda dan keluarga bisa melakukan snorkeling atau canoeing. Peralatan untuk aktivitas air tersebut dapat Anda sewa dari persewaan yang terdapat di sepanjang tepi pantai.

Konservasi Penyu

Konservasi penyu Gili Trawangan merupakan tempat yang cocok untuk wisata edukasi anak. Selain mengenal lebih jauh tentang jenis-jenis penyu, Anda juga dapat mengajak anak-anak belajar tentang perkembangbiakan satwa laut ini.

Kalau beruntung, Anda dan keluarga juga dapat menyaksikan secara langsung, proses pelepasan penyu ke laut lepas.

Konservasi yang bertujuan melestarikan keberadaan penyu ini berdiri sejak 1996. Jenis penyu yang ditangkarkan adalah penyu hijau, penyu lekang, dan penyu sisik.

3 dari 3 halaman

Lombok Elephant Park

Wisata alam terbaru yang ditawarkan pulau nan eksotis ini adalah Lombok Elephant Park.  Di sni, Anda dapat mengajak si kecil untuk merasakan pengalaman naik gajah sembari berkeliling kebun binatang. Selain gajah, kebun binatang tersebut juga merupakan konservasi berbagai satwa, seperti burung kakatua, siamang, dan satwa tropis lainnya.

Lombok Elephant Park atau Lombok Wildlife Park terletak di Jl. Tanjung Sire, Sigar Penjalin, Lombok Utara. Jika Anda dari Kota Mataram, maka dapat menempuh rute Gunungsari-Pusuk-Pemenang-Sigar Penjalin-Lombok Elepant Park.

Ingin menuju Lombok Elephant Park sembari menikmati pemandangan Pantai Senggigi? Anda dapat menempuh rute Mataram-Senggigi-Pemenang-Sigar Penjalin-Lombok Elephant Park.

Demikian berbagai tempat wisata keluarga yang membuat perjalanan Anda ke Lombok tidak sia-sia. Sudah siap menghabiskan liburan bersama keluarga di Lombok?

Bagaimana jika belum punya tiket ke Lombok? Pesan sekarang juga melalui aplikasi Airy. Selain akomodasi liburan, Airy juga menyediakan layanan pesan tiket untuk perjalanan bisnis Anda.

Pesan tiket pesawat online di aplikasi ini terjamin aman, bebas penipuan, dan prosesnya pun mudah., Airy bahkan menyediakan layanan refund dan reschedule yang mudah jika Anda mengalami kendala terkait perjalanan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.