Sukses

6 Makanan Khas Korea Selatan yang Jarang Dilirik, Mau Coba?

Liputan6.com, Jakarta - Makanan khas Korea Selatan banyak dicari orang-orang karena budaya Hallyu yang sudah mendarah daging di Indonesia. Bahkan, beberapa televisi nasional banyak menayangkan drama Korea sehingga masyarakat sedikit banyak tahu mengenai Korea Selatan.

Dalam drama Korea, biasanya menampilkan adegan makan. Tanpa disadari, pecinta drama Korea pun menjadi tahu makanan khas Korea Selatan. Di Indonesia banyak menjamur restoran Korea untuk menghilangkan rasa penasaran masyarakat Indonesia dengan makanan yang terdapat dalam drama Korea.

Makanan yang sering ada dalam drama Korea seperti kimchi, kimbab, tteokbokki, eomuk, pajeon, bibimbap, dan jjajangmyeon. Padahal, masih banyak makanan khas Korea Selatan yang jarang diperlihatkan. Berikut enam makanan khas Korea Selatan yang jarang diketahui dirangkum dari berbagai sumber.

1. Milmyeon

Ketika masa Perang Korea, para pengungsi dari bagian utara mulai membuat mi dari tepung gandum yang akhirnya menjadi masakan khas dari Kota Busan. Milmyeon atau mi gandum ini disajikan dengan kaldu daging sapi, babi, atau ayam pedas (mul milmyeon) atau dibumbui dengan saus pedas (bibim milmyeon).

2. Ojingeo Sundae

Makanan yang satu ini merupakan cumi-cumi utuh yang diisi dengan nasi, potongan wortel, bawang bombai, dan sayuran lain, kemudian dikukus. Ojingeo sundae biasa dicelupkan dalam mustard pedas Korea yang disebut gyeoja. Desa Abai di Sokcho, Gangwon-do, terkenal dengan makanan yang satu ini.

3. Hwangtae Gui

Di dataran tinggi Inje, Gangwon-do, ikan pollack digantung diudara terbuka agar kering. Hwangtae Gui atau ikan pollack kering panggang ini dipanggang dengan saus gochujang atau pasta cabai khas Korea Selatan. Rasa pedas khas gochujang dijamin akan membuat Anda ketagihan.

 

2 dari 3 halaman

4. Jjimdak

Mirip dengan semur ayam ala Indonesia, Jjimdak merupakan ayam yang direbus dengan saus kecap khas Korea. Di dalamnya pula terdapat bihun, wortel, cabai kering, jamur, bawang bombai, dan daun bawang. Rasanya gurih, manis, agak asin, serta pedas akan membuat Anda ingin makan lagi dan lagi.

5. Daetongbap dan Tteokgalbi

Daetongbap atau nasi dimasak dalam bambu yang dibumbui dengan rempah-rempah. Tteokgalbi adalah daging iga sapi yang dibuat seperti patty daging burger dan dibumbui. Keduanya merupakan makanan khas dari daerah Damyang, provinsi Jeolla. Daetongbap yang beraroma bambu sangat cocok dimakan bersama tteokgalbi yang dibakar diatas arang. Rasanya yang lezat sangat disayangkan bila tak dicoba saat berkunjung ke Korea Selatan.

6. Chueotang

Bahan utama Chueotang ialah ikan loach. Ikan loach dibuat sup dengan cita rasa khas Korea. Sup dibuat dengan menggiling ikan loach, kemudia direbus dengan kubis kering atau ugeoji, pasta kedelai atau deonjang, dan biji perilla. Chueotang terkenal selain rasanya yang lezat juga menyehatkan. Bila berkunjung ke Korea Selatan, pastikan Anda mencoba sup ikan loach ini. (Fairuz Fildzah)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
Korea Selatan Bentuk Tim Pengawas Konten Pornografi
Artikel Selanjutnya
Korea Utara Gelar Latihan Angkatan Udara, Respons Agenda Serupa AS - Korsel