Sukses

3 Bidang Pekerjaan Pria yang Kini Banyak Diminati Perempuan

Ada beberapa bidang pekerjaan yang dulu identik dengan pria, kini makin banyak diminati perempuan. Pekerjaan apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang berhak untuk memilih karier atau pekerjaan yang ingin dijalani. Meski begitu, dulu ada beberapa pekerjaan tertentu identik dengan pria. Namun, kini hampir semua jenis pekerjaan bisa dilakoni semua gender.

Batas gender dalam dunia pekerjaan yang semakin pudar ini membuat sejumlah pekerjaan yang didominasi pria mulai diminati para perempuan.

Sejak adanya emansipasi, kesempatan untuk berkarier dan mendapatkan pendidikan yang layak untuk perempuan semakin terbuka lebar. Dalam rangka Hari Kartini, berikut ini tiga dari beberapa bidang pekerjaan yang dulu didominasi pria kini mulai banyak diminati perempuan.

Pertambangan

Berdasarkan laporan Pedestrian TV, ada sejumlah pekerjaan yang didominasi pria dan sejak beberapa tahun belakangan mulai diminati perempuan. Salah satunya pertambangan batubara.

Sejak 2018, di Amerika Serikat sudah mulai banyak perempuan yang bekerja di bidang ini. Namun, masih juga ada beberapa kendala dan rasa tidak nyaman bagi pekerja perempuandi sana atas perlakuan para pekerja pria di industri ini. Contohnya, banyak pria menilai pekerjaan ini terlalu berat dan lebih memilih melihat perempuan bekerja di tempat lain.

"Tidak tahu karena mereka tidak ingin menyakiti kita atau merasa kita tidak bisa bekerja di pertambangan dan tidak akan pernah setara dengan mereka," ungkap Jen salah satu pekerja di sebuah pertambangan batu bara di AS.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Industri Game

Gamer bukan hanya para pecinta game yang ada di YouTube. Namun termasuk juga mereka pecinta game yang sering ikut berbagai tingkat turnamen. Bidang ini memang dunia baru. Kebanyakan, para pria yang menggeluti bidang ini.

Walaupun begitu, kini mulai banyak gamer perempuan bermunculan. Salah satunya, Nixia yang sudah menggeluti dunia game sejak 2008. Lalu ada Olivia Gosandra, Sarah Viloid, FF Audrey, dan masih banyak lagi.

Pilot

Pilot dahulu didominasi oleh pria, bahkan identik dengan kaum pria. Namun belakangan ini sudah mulai banyak pilot perempuan bermunculan, termasuk di Indonesia.  Selain itu, para pilot perempuan yang mulai bermunculan di negeri ini usianya juga masih sangat muda.

Anda mungkin pernah mendengar Tania Artawidjaya, pilot Garuda Indonesia yang masih berusia 25 tahun. Lalu ada juga Patricia Yora, Mellisa Anggiarti, Tifany Wulan Maringka, Sari Ardisa, dan masih banyak lagi. (Karla Farhana/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.