Sukses

6 Manfaat Air Kelapa, Mengurangi Risiko Diabetes hingga Batu Ginjal

Liputan6.com, Jakarta - Kelapa merupakan pohon yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah kelapa yang dihasilkan pun memiliki banyak manfaat. Air kelapa yang diminum selain untuk menyegarkan dahaga, ternyata memiliki khasiat yang luar biasa.

Berikut manfaat air kelapa yang Liputan6.com lansir dari Health Line, Sabtu, 20 April 2019.

1. Bernutrisi

Air kelapa mengandung banyak nutrisi seperti fiber, protein, vitamin C, magnesium, sodium, potasium, mangan, dan kalsium.

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Penelitian membuktikan bahwa air kelapa dapat menurunkan gula dalam darah. Air kelapa dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe dua dan pra-diabetes.

3. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Minum air yang cukup merupakan kunci untuk mencegah batu ginjal. Walau pun air biasa merupaka pilihan yang baik, namun studi ilmiah membuktikan air kelapa bisa bekerja lebih baik.

Peneliti percaya bahwa air kelapa membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respon terhadap kadar oksalat yang tinggi dalam urin.

2 dari 3 halaman

4. Baik Diminum Usai Olahraga

Air kelapa bisa memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga. Elektrolit adalah mineral yang memainkan peran penting dalam tubuh termasuk menjaga keseimbangan cairan.

Penelitian membuktikan bahwa air kelapa dapat memulihkan hidrasi setelah berolahraga lebih baik daripada air dan sama dengan minuman olahraga elektrolit tinggi.

5. Mengurangi Risiko Darah Tinggi

Air kelapa dapat mengontrol tekanan darah Anda. Kandungan posasium dan kalium terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.

Suatu penelitian terhadap hewan membuktikan air kelapa dapat mencegah pembentukan gumpalan pada darah.

6. Hidrasi

Rasa air kelapa yang sedikit manis dan sepat terbukti rendah kalori dan mengandung karbohidrat. Anda cukup membuka kelapa asli atau membeli air kelapa kemasan.

Namun, pastikan untuk membaca kandungan untuk mendapatkan air kelapa asli 100 persen. Tidak disarankan yang sudah dicampur dengan gula. (Fairuz Fildzah)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading