Sukses

Tips Memilih dan Merebus Telur Agar Tak Gampang Pecah

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi adalah telur. Selain harga yang terjangkau, pengolahan super mudah nan sederhana juga jadi alasan telur merupakan bahan andalan tak sedikit orang.

Misalnnya saja membuat telur rebus sebagai lauk makanan atau sekadar ingin menyantap telur. Bagi banyak orang, merebus telur menjadi aktivitas di dapur yang dianggap sangat mudah. Tapi jangan salah.

Pada kenyataannya aktivitas merebus telur tak semudah kelihatannya. Kalau cara yang digunakan untuk merebus ternyata salah, telur yang ada akan mudah pecah.

Hal itu bisa membuat panci untuk merebus pun jadi berbusa terkena pecahan telur.Lalu, bagaimana cara merebus telur yang tepat agar telur tak mudah pecah? Simak caranya berikut ini.

1. Bersihkan telur dengan cara dicuci atau direndam dengan air. Ambil satu persatu telur ini dan pilih telur yang benar-benar baik. Sebaiknya jangan memakai telur yang sudah retak atau pecah.

2. Siapkan air biasa di panci lalu masukkan satu persatu telur yang akan direbus. Hindari memasukkan telur pada panci dengan air yang sudah hangat apalagi panas.  Memasukkan telur saat air panas justru akan membuat telur mudah pecah dan tak bisa matang sempurna.

2 dari 3 halaman

Telur Disimpan di Kulkas

3. Kalau telur baru dikeluarkan dari lemari es, sebaiknya rendam telur dengan air biasa terlebih dulu sampai suhunya normal kembali.

4. Rebus telur di dalam panci berisi air yang membuat telur terendam sepenuhnya. Kalau air yang digunakan kurang saat merebus, hal ini akan membuat telur susah matang secara sempurna.

5. Rebus telur dengan api kecil atau sedang agar panasnya merata. Kalau Anda menggunakan api yang terlalu panas akan membuat telur rentan pecah apalagi saat air sudah mendidih.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Sehat Redakan Pertengkaran dengan Pasangan
Artikel Selanjutnya
Rahasia Penampilan Baru Kate Middleton yang Lebih Bersinar dan Memikat