Sukses

5 Jurus Ampuh Menghindari Jebakan April Mop yang Jatuh Hari Ini

Ketahui terlebih dahulu soal April Mop agar Anda dapat menghindari jebakan di hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang menyadari bahwa 1 April sering dijadikan ajang untuk merayakan April Mop. Beberapa ada saja yang membuat ide unik memanfaatkan momentum dengan membuat kejahilan dan lelucon. Bahkan, segala cara dilakukan untuk membuat teman-teman merasa sedih atau kesal.

Dari yang sudah terjadi sebelumnya, tingkah konyol yang dilakukan dari April seringkali membuat sesuatu yang kurang bermanfaat. Berikut Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber cara jitu untuk menghindari jebakan April Mop.

1. Ketahui Sejarahnya

Berbagai versi menjelaskan bahwa April Mop adalah budaya yang dilakukan orang Barat untuk melakukan suatu kebohongan tanpa rasa bersalah. Berbagai cerita menurut kebudayaan Barat dijelaskan tetapi semua cerita tersebut tidak bisa ditanggung jawabkan secara ilmiah. 

Tidak ada satu sumber otentik yang menjelaskan cerita April mop secara valid. Semuanya hanya bersumber pada dongeng atau cerita yang berasal dari mulut ke mulut. Anda yang ingin melakukan April Mop setidaknya lebih cermat dan mengkritisi bukan hanya mengikuti tren.

2. Ketahui Manfaatnya

Banyak generasi milenial melakukan sesuatu hal karena ingin dilihat lebih hits dibanding teman-temanya, termasuk di momen April Mop. Untuk melakukan suatu hal dirasa perlu tahu apa manfaatnya dan dampak apa yang terjadi. Jika tidak terlalu memberikan manfaat untuk banyak orang, tidak perlu dibiasakan untuk melakukannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Buat Lelucon Sesuai Batas

Tidak semua orang bisa menerima lelucon yang Anda berikan, beda pemahaman mengenai lelucon yang dilontarkan akan berdampak pada permusuhan. Terlebih untuk anak-anak dan remaja jangan membuat lelucon yang keterlaluan seperti mengabarkan orangtua teman Anda kecelakaan atau mendapatkan musibah apa pun.

Membuat lelucon juga harus mempertimbangkan keselamatan. Jangan membuat orang yang memiliki penyakit jantung dengan sebuah kejutan keras, itu akan berbahaya. Jangan terlalu bermain fisik, membuat orang terluka dan merasa tidak aman.

4. Cermat Memilih Berita

Di hari April Mop, ide-ide tidak terduga muncul dari orang yang ingin membuat kejahilan di 1 April ini. Banyak yang mengkreasikannya mulai dari tipuan produk atau bahkan tipuan peristiwa yang terjadi. Anda perlu menyeleksi berita dengan sumber yang jelas dan dapat dipercaya. 

Apabila berita tersebut tidak mencantumkan identitas yang jelas sebaiknya Anda perlu mengkritisinya terlebih dahulu. Jangan langsung terjebak April mop, itu akan membuat Anda rugi karena sudah menghabiskan untuk untuk mempercayai informasi yang tidak benar adanya.

5. Jangan Ambil Perasaan

Sulit menghindari jebakan April Mop yang datang secara tiba-tiba dan sudah di-setting sedemikian rupa. Jika Anda sudah masuk dalam perangkap tersebut, jangan andalkan emosi Anda. Mencoba sabar untuk menerima dan jangan terbawa suasana (baper).

Pelaku akan merasa sangat bahagia jika melihat korbannya merasa menderita karena ulahnya. Bahkan dengan perasaan tidak bersalah pelaku akan tertawa sambil mendokumentasikan momen tersebut. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.