Sukses

6 Manfaat Buah Nanas Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - Nanas memiliki perpaduan rasa asam dan manis yang menyegarkan. Buah ini memiliki kandungan nutrisi, vitamin, baik vitamin A dan C yang merupakan antioksidan, juga mineral yang baik untuk tubuh.

Juga, nanas diketahui sangat rendah kalori. Satu buah nanas segar hanya mengandung 82 kalori. Dengan deretan kandungan tersebut, berikut enam manfaat buah nanas jika dikonsumsi setiap hari seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis, 28 Maret 2019.

Memperlancar pencernaan

Buah nanas membantu pencernaan melalui serangkaian enzim yang disebut bromelain. Juga, efek bromelain membantu orang dengan kekurangan pankreas. Kondisi itu terjadi ketika pankreas tidak dapat menghasilkan enzim pencernaan yang cukup.

Penelitian menunjukkan bahwa pasien mengalami pencernaan yang lebih baik ketika bromelain ditambahkan ke suplemen enzim pencernaan reguler mereka.

Meningkatkan gula darah

Bagi Anda yang memiliki keluhan kadar gula darah rendah, nanas adalah salah satu buah yang bisa mengatasi keluhan tersebut. Nanas mempunyai kadar gula yang tergolong tinggi. Karenanya, Anda dapat mengkonsumsi buah nanas untuk menambah kadar gula.

Mencegah kanker

Kanker pada dasarnya adalah pertumbuhan sel tidak terkendali hingga mengambil alih organ yang mereka invasi. Nanas tidak hanya efektif dalam memerangi radikal bebas, tetapi juga dapat mencegah kanker. Nanas terbukti efektif melawan kanker prostat berkat kandungan beta karoten-nya.

2 dari 2 halaman

Deretan Manfaat Nanas

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sumber utama antioksidan dari buah nanas adalah vitamin C. Selain itu, asam amino pada nanas juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua zat tersebut sangat diperlukan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas. 

Membuat kulit sehat

Nanas juga buah yang kaya kandungan mineral. Satu cangkir potongan nanas sudah memenuhi 75 persen kebutuhan mangan harian. Gabungan mangan, plus vitamin c mampu meningkatkan kolagen dalam tubuh sehingga kulit kencang hingga tua. Selain itu, mangan juga membantu melindungi sel kulit dari sinar UV.

Meningkatkan kesuburan

Mineral dalam buah nanas mengandung seng, tembaga, beta-karoten, folat dan lain-lain, akan membantu lelaki dan perempuan memiliki sistem reproduksi yang sehat.  Dengan cara meminum jus nanas, Anda bakal meningkatkan peluang memiliki keturunan. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini: