Sukses

7 Manfaat Buah Naga bagi Tubuh dan Kecantikan, Bisa Menunda Penuaan Dini

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun belakangan ini, popularitas dari buah naga memang cukup meningkat. Meskipun buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan juga Amerika Selatan, di Indonesia pun sudah banyak pembudi daya buah naga.

Kamu pun bisa dengan mudah menjumpai buah naga ini di pedagang buah yang ada di pinggir jalan. Selain rasanya yang lezat, buah yang memiliki kulit berwarna merah ini pun memiliki banyak manfaat.

Manfaat buah naga yang bisa kamu dapatkan ini tak sebanding dengan harganya. Pasalnya buah naga termasuk buah yang cukup terjangkau, tapi juga memiliki manfaat beragam.

Oleh karena itulah, buah naga menjadi salah satu buah yang cukup digemari masyarakat. Bukan hanya lezat bila dikonsumsi secara langsung, tapi jika kamu mengolah buah naga menjadi jus ataupun smoothies bowl pun cukup lezat. Manfaat buah naga sangat banyak. Tak heran jika buah yang memiliki nama Hylocereus undatus ini punya banyak nutrisi di dalamnya.

Tentu saja jika kamu rutin untuk mengonsumsi buah naga, maka manfaat yang akan didapatkan pun bisa diperoleh secara maksimal. Nutrisi yang terkandung dalam buah naga cukup banyak, antara lain vitamin C, vitamin B, protein, fosfor, kalsium, captin, fiber dan juga anti oksidan.

Meskipun terdapat dua jenis buah naga, yaitu merah dan putih, manfaat buah ini sama. Liputan6.com telah merangkum manfaat buah naga dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2019).

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh dan Kecantikan

1. Cemilan sehat untuk yang diet

Bagi yang sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan, kamu perlu mengonsumsi buah naga. Jika kamu mengonsumsi secara teratur dan rutin, maka manfaat buah naga untuk diet bisa didapatkan. Hal ini karena buah naga memiliki kalori yang cukup rendah dan kaya akan serat.

Jadi kamu bisa merasakan kenyang saat mengonsumsi buah naga tanpa perlu takut naiknya angka berat badan. Manfaat buah naga lain sebagai cemilan sehat ialah untuk membantumu melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan buah naga sendiri memiliki kandungan air yang cukup banyak.

2. Mencegah hipertensi dan serangan jantung

Rutin mengonsumsi buah naga bisa bantu kamu untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi dan juga serangan jantung. Tentu manfaat buah naga ini sangat baik bagi kesehatanmu.

Selain itu, siapa yang menyangka bahwa biji pada buah naga pun memiliki lemak omega 3 dan omega 6 yang cukup banyak. Omega 3 dan omega 6 ini yang mampu membantu untuk meringankan gangguan kardiovaskular. Sehingga tekanan darah tinggi yang kamu alami dapat terkontrol dengan baik.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kaya akan kandungan nutrisi dan juga gizinya, tak heran jika salah satu manfaat buah naga itu untuk bantu sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya itu saja, bila kamu memiliki luka pada tubuhmu baik itu luka luar ataupun dalam, dengan rutin mengonsumsi buah naga, maka luka tersebut pun bisa cepat sembuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh dan Kecantikan

4. Bantu ringankan batuk dan juga asma

Biji buah naga yang kaya akan omega 3 dan juga omega 6, ternyata mampu pula untuk meringankan gangguan respirasi. Karena mampu untuk meringankan gangguan respirasi pada tubuh terutama untuk kamu yang menderita asma dan juga batuk, bisa terobati.

Namun untuk seseorang yang memiliki asma, bukan berarti jika kamu konsumsi buah naga maka bisa sembuh total. Manfaat buah naga ini hanya untuk meringankan penyakit asma yang diderita.

5. Membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang

Kandungan kalsium yang dimiliki buah naga ini bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan juga menjaga kesehatan tulang. Namun bukan hanya bermanfaat bagi orang dewasa saja. Akan tetapi bayi yang mengonsumsi buah naga pun mampu membentuk tulang yang kuat. Hal ini juga dipengaruhi akan kandungan pottasium pada buah naga.

Zat besi dan juga fosfor yang terdapat pada buah naga pun bisa membantumu untuk memperlancar peredaran darah. Selain itu, bisa juga untuk membantu memperbaiki jaringan ataupun sel-sel yang telah rusak yang ada pada tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh dan Kecantikan

6. Mengatasi kurang darah

Zat besi yang terkandung dalam buah naga memiliki fungsi untuk mengatasi kurang darah atau anemia pada tubuh. Terutama untuk kaum wanita yang sedang mengalami masa menstruasi, mengonsumsi buah naga cukup dianjurkan. Hal ini karena zat besi yang ada pada buah naga berfungsi sebagai penyusun utama sel darah merah.

7. Menunda penuaan dini

Bukan hanya bagus dan baik bagi kesehatan tubuh saja. Nyatanya rutin mengonsumsi buah naga ini pun bisa membantu dalam hal kecantikan. Salah satunya ialah bisa membantumu untuk menunda penuaan dini.

Hal ini dikarenakan kandungan anti oksidan yang cukup tinggi pada buah naga yang bisa membuah kulitmu tetap kencang. Selain itu, anti oksidan ini pun bisa membantu untuk meregenerasi kulit dengan sangat baik.

Wiranto Takjub Pendapatan Nelayan Tembus Rp 5 Juta Per Hari
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tempat Wisata di Blitar yang Hits dan Enggak Bikin Kantong Kering
Artikel Selanjutnya
6 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan, Bisa Lancarkan Persalinan