Sukses

Meski Terlihat Nyaman, Ini 6 Dampak Makan Siang di Meja Kerja

Dengan makan siang di meja kerja, secara tidak langsung Anda menyakiti kesehatan dan karier.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang bekerja di kantor, menjalani kegiatan penuh memberikan rasa nyaman tersendiri. Nah karena sudah terlalu nyaman, hal ini membuat Anda malas bergerak kemana-mana.

Begitu juga saat jam istirahat tiba. Anda akan memilih untuk melanjutkan pekerjaan di saat jam istirahat telah tiba. Sekilas, bekerja saat jam makan siang memang terlihat cara terbaik untuk menambah jam kerja Anda, apalagi bagi yang memiliki deadline. Namun ternyata, pilihan konsep ini salah, lho. Kalau Anda terbiasa melakukannya, maka akan berdampak pada kesehatan dan karier.

Walaupun hanya memiliki satu jam untuk istirahat, tetap luangkan waktu Anda untuk meringankan diri dari tugas dan jangan makan siang di meja kerja. Faktanya, beristirahat di tengah jam kerja dapat meningkatkan produktivitas dan menghindari stres saat kerja, lho.

Dengan makan siang di meja kerja, secara tidak langsung Anda menyakiti kesehatan dan karier. Berikut beberapa hal yang kurang baik saat makan siang di depan meja kerja seperti Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (30/1/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Menikmati Waktu

1. Tak Lepas dari Tanggung Jawab

Otak yang dipaksa untuk kerja terus menerus tanpa henti pastinya akan menghasilkan keluaran yang maksimal. Namun, di saat jam makan siang yang hanya satu jam, nggak ada salahnya bagi Anda untuk beristirahat sejenak dari layar komputer dan menikmati waktu istirahat.

 

2. Tidak Menikmati Waktu

Menghabiskan makan siang di depan meja kerja akan membuat Anda tetap terkoneksi dengan tanggung jawab pekerjaan. Berkas-berkas yang ada di sekeliling meja kerja akan membuat Anda tidak santai atau tidak menikmati makan siang secara utuh.

3 dari 4 halaman

Sebagai Tempat Bersosialisasi

3. Kantor Juga Sebagai Tempat Bersosialisasi

Kalau menghabiskan waktu makan siang di depan meja kerja, kapan Anda bersosialisasi dengan rekan kerja yang lainnya? Karena kantor bukan sebagai wadah untuk menyelesaikan tugas-tugas saja, melainkan juga bisa untuk menambah teman atau bersosialisasi dengan orang-orang kantor lainnya.

 

4. Lupa Dunia Luar

Kalau menghabiskan waktu makan siang di meja kerja, tanpa sadar Anda telah membatasi diri dari lingkungan luar dan hanya mengurung diri sebatas kubikal kerja. Cobalah untuk bergabung dengan orang-orang kantor Anda yang lain, mana tahu ada pembicaraan unik di luar pembahasan kerja.

4 dari 4 halaman

Bisa Menimbulkan Stres

5. Tidak Bisa Mengatur Waktu

Kalau menggunakan makan siang untuk bekerja, dapat dikatakan bahwa Anda nggak bisa mengatur waktu dengan baik. Pasalnya, Anda nggak bisa mengatur target diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum makan siang tiba.

 

6. Bisa Menimbulkan Stres

Bekerja terlalu lama dapat menimbulkan stres. Walaupun nggak merasa keberatan untuk makan siang di meja kerja, tapi sadarkah bahwa satu atau dua bulan ke depan Anda mungkin akan menghabiskan waktu untuk komplain karena tekanan di kantor? Oleh karena itu, jangan membuat diri Anda tertekan dengan sikap yang tidak baik tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini