Sukses

12 Masakan Jawa Timur ini Punya Cita Rasa yang Khas, Dijamin Bikin Ngiler Seketika

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang disukai oleh para wisatawan mancanegara. Tak cuma soal wisata alam, kuliner pun juga menjadi salah satu tujuan mereka datang ke Indonesia. Tentu hal ini akan menambah pesona dari Indonesia, selain dari destinasi tempat wisatanya, ternyata juga terdapat berbagai makanan khas yang luar biasa.

Soal masakan khas Indonesia, tak perlu lagi dipertanyakan jumlahnya. Mengingat Indonesia sendiri begitu kaya dengan suku di berbagai wilayah yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Nah, di antara masakan Jawa, ternyata dari Jawa Timur lah yang tak kalah menggiurkan. Masakan Jawa Timur ini memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan di Jawa Tengah atau pun Yogyakarta yang cenderung manis. Masakan Jawa Timur cenderung memiliki rasa asin dan gurih.

Jadi, kalau kebetulan kamu sedang berada di Provinsi Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk mencoba cicipi masakan Jawa Timur yang khas. Berikut masakan Jawa Timur yang punya cita rasa khas seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/1/2019).

2 dari 5 halaman

Tiga makanan khas yang jangan sampai kamu lewatkan.

1. Rawon

Masakan Jawa Timur yang pertama adalah Rawon. Masakan Jawa Timur ini ciri khasnya memiliki kuah warna hitam, rawon adalah sup daging dengan kuah yang berwana hitam sebagai bumbu khas yang menggunakan kluwek. Beberapa bahan bumbu yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, dan lain-lain.

Rawon Pasuruan merupakan salah satu rawon yang sangat terkenal berkat rasa rawon yang sangat khas. Masakan bernama Rawon ini biasanya disajikan bersama dengan nasi putih, kerupuk dan bawang goreng. Akan tetapi jangan lupa untuk menambahkan sayuran, tauge, daging sapi dan juga potongan telur. Rasa penasaran kamu tentang masakan Jawa Timur yang satu ini akan terjawab dengan puas setelah mencobanya sendiri.

2. Rujak Cingur

Masakan Jawa Timur selanjutnya adalah rujak cingur. Asal dari rujak cingur adalah kota Surabaya. Nama rujak cingur ini menggunakan salah satu bahan utama pada rujaknya yakni irisan daging mulut (cingur) sapi. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan tempe, tahu, timun, nanas, londong, cingur serta sayuran kecambang, kangkong dan bumbu olahan kacang, petis, cabai, bawang merah serta irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda. Memang tampak aneh karena makanan ini bahan utama dari mulut sapi, akan tetapi saat kamu mencoba Rujak Cingur ini pasti akan ketagihan.

3. Soto Lamongan

Masakan Jawa Timur lainnya adalah soto Lamongan. Soto Lamongan biasanya pada saat penyajiannya dicampurkan dengan koya. Koya sendiri merupakan bubuk gurih pelengkap dari Soto Lamongan ini yang dibuat dari bawang putih dan kerupuk udang. Tentu sudah terbayang bukan rasa dari koya tersebut? Masakan Jawa Timur ini bisa kamu nikmati di mana pun tanpa harus ke Lamongan. Ya, kini sudah banyak penjual soto Lamongan di mana-mana.

3 dari 5 halaman

Tiga jenis nasi dengan lauk khas yang menggugah selera

4. Nasi Tempong

Masakan Jawa Timur selanjutnya adalah nasi tempong. Nasi Tempong merupakan masakan Jawa Timur khususnya daerah Banyuwangi. Nasi tepong terdiri dari, sayuran rebus, tahu goreng, nasi panas, tempe goreng, ikan asin, dadar jagung, dan dilengkapi bersama sambal mentah yang super pedas. Sambal inilah yang menjadi ciri khas dari sego tepong ini. Karena sambalnya yang super pedas, orang yang makan nasi tempong terasa di ‘tempong’ atau di tampar.

5. Nasi Krawu

Masakan Jawa Timur lainnya adalah nasi Krawu. Nasi Krawu adalah makanan yang berasal dari Gresik. Masakan Jawa Timur ini disajikan dengan daun pisang. Lauknya identik dengan daging sapi, yaitu berupa sayatan daging sapi, semur daging,jeraoan sapi , sambal terasi dan Serundeng.

6. Nasi Pecel Madiun

Masakan Jawa Timur selanjutnya adalah nasi pecel Madiun, sesuai namanya yang berasal dari Madiun. Pecel merupakan makanan tradisional yang terbuat dari berbagai macam sayuran yang direbus kemudian dilumuri bumbu sambel kacang. Sayuran yang biasa dihidangkan antara lain kacang panjang, toge , mentimun dan daun singkong. Pecel biasanya juga disajikan dalam pincuk atau piring lidi yang disebut ingke.

4 dari 5 halaman

Makanan ini tidak akan ditemukan di daerah lainnya

7. Lontong Balap

Masakan Jawa Timur lainnya yang tak kalah menggoda adalah lontong balap. Lontong Balap merupakan makanan tradisional khas Surabaya. Lontong balap berisikan lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong tersebut di tumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho, kemudian di atasnya dituangin kecambah setengah matang. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu sate kerang.

Dibilang ‘Balap’ karena cerita yang pernah ada bahwa pada zaman dahulu para penjual lontong berebut pembeli yang berada di jalan maupun yang berada di pasar.Sehingga para penjual lontong ini terkesan balapan untuk mencapai tujuannya yaitu pos terakhir (pasar Wonokromo), maka dengan kejadian inilah terkenal dengan istilah lontong balap.

8. Pecel Semanggi

Masakan Jawa Timur lainnya yang wajib kamu cicipi adalah pecel semanggi. Pecel semanggi makanan yang berasal dari Surabaya. Semanggi adalah tumbuhan sekelompok paku air yang mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Tumbuhan ini juga berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu untuk menyerap logam berat cd dan pb. Tumbuhan ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk asli Australia sebagai bahan makanan.

Pecel semanggi ini dibuat dari daun semanggi yang dikukus lalu dinikmati bersama sambal pedas yang nikmat dan menggugah selera. Pecel semanggi juga dapat dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras, dan serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Bumbu yang dipakai dalam makanan khas Surabaya ini memiliki bahan baku serta rasa yang menarik dan berbeda.

9. Rujak Soto

Masakan Jawa Timur yang berasal dari Kota Banyuwangi ini memang sangat populer. Sebenarnya Rujak Soto ini adalah perpaduan antara rujak dan soto kuning, sehingga tercipta sebuah makanan khas jawa timur yang sangat enak. Ternyata saat ini di kawasan Banyuwangi banyak tempat makan yang menyajikan makanan khas Jawa Timur ini.

Rujak Soto ini menjadi salah satu makanan khas jawa timur yang disukai banyak orang. Pasalnya sebelum dicampur saja soto dan rujaknya saja sudah enak, apalagi jika kedua makanan ini dicampur? Pasti akan menghasilkan sebuah makanan khas Jawa Timur yang enak.

5 dari 5 halaman

Cita rasa yang ditawarkan adalah gurih dan pedas

10. Nasi Tumpang

Masakan Jawa Timur selanjutnya adalah nasi tumpang. Sego tumpang atau nasi tumpang adalah masakan dari Kediri. Diberi nama nasi tumpang karena menggunakan kuah dari sambal tumpang.

Sambal tumpang dibuat dari tempe yang sudah basi atau kalau orang Jawa menyebutnya tempe bosok. Tempe tersebut dimasak bersama dengan ayam, kadang ada juga yang memakai rambak atau krupuk kulit sapi.

11. Lodho Ayam

Masakan Jawa Timur selanjutnya yang tak boleh terlewatkan adalah lodho ayam. Kalau kamu mengunjungi Tulungagung, sempatkanlah mencicipi salah satu makanan khas yang ada di sana, lodho ayam. Makanan khas dengan bahan dasar ayam yang dimasak menggunakan bumbu dan resep turun temurun memiliki rasa lezat tentunya.

Lodho ayam ini memiliki dua jenis masakan, yang pertama adalah lodho dengan kuah encer, yang kedua yaitu lodho kuah kental. Semua sama enaknya, apalagi jika dimakan dengan menggunakan nasi panas atau tiwul.

12. Bebek Sinjay

Masakan Jawa Timur lainnya yang tak kalah populer adalah bebek sinjay. Kalau kamu pecinta kuliner bebek-bebekan, pasti sudah tidak asing lagi dengan olahan yang satu ini, bebek sinjay. Makanan khas yang wajib hukumnya kamu cicipi kalau mampir ke Bangkalan, Madura.

Salah satu yang bikin masakan berbahan bebek ini diminati adalah karena daging bebeknya yang empuk dan tidak ada bau amis. Kalau pengen coba, mungkin di kota kamu ada yang menjual masakan khas ini.

Kuliner Malam Jumat: Dada dan Telur Ayam Jadi Favorit di Sate Apjay Tunggal

Tutup Video