Sukses

Siap-Siap, Bekraf Festival 2018 Segera Digelar di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sukses menggelar Bekraf Festival pada 2017 lalu di Kota Bandung, Jawa Barat, tahun ini Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf) kembali menggelar Bekraf Festival yang berlokasi di Grand City Surabaya, Jawa Timur pada 15-17 November 2018.

Kegiatan ini merupakan festival kinerja atau ajang bagi Bekraf untuk menyampaikan hasil capaian kinerjanya kepada masyarakat luas dalam membentuk ekosistem ekonomi kreatif (ekraf). Selaian itu, sebagai bentuk dukungan serta apresiasi kepada pelaku ekraf yang telah ikut berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi lndonesia.

"Ini public report, akan tetapi bisa jadi pembelajaran bagi pelaku ekonomi kreatif khususnya di daerah Surabaya dan sekitarnya," kata Wakil Kepala badan Ekonomi Kreatif Ricky Joseph Pesik di Kantorkuu Coworking & Office Space (Agra Plaza), Senin (29/10/2018).

Menariknya, Bekraf Festival untuk tahun kedua ini diselenggarakan berbarengan dengan event international Startup Nation Summit. Bahkan, tempat pelaksanaannya pun sama, yakni di Grand City Surabaya, sesuai dengan dukungan yang diberikan Pemkot Surabaya.

"Bu Risma sangat mendukung acara ini. Makanya agar acara ini bisa sukses, Bu Risma bilang Bekraf Festival digelar berbarengan dengan event international Startup Nation Summit di mana nanti kami akan ambil bagian luar ruang, termasuk di dalam lantai 1 dan 2 untuk workshop," kata Ricky.

 

2 dari 2 halaman

Kegiatan Acara

Bekraf Festival nantinya akan mengekspose 45 program dari seluruh Kedeputian Bekraf yang terbagi dalam empat konsep acara utama yaitu gelar wicara (talkshow), lokakarya (workshop), pertunjukan (performance), dan pameran (exhibition).

Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan dalam berbagai area seperti mainstage, ruang serba guna besar dan kecil, area movie/talkshow, ruang-ruang meeting dan Oktagon. Selain melibatkan pihak internal, dalam proses perencanaannya, Bekraf Festival juga melibatkan berbagai pemangku kepentingan, dalam hal lni Persatuan Perusahaan Periklanan lndonesia.

Beberapa site menarik akan hadlr pada Bekraf Festival, di antaranya adalah IKKON, Kreatifood, BIIMA, Hello Dangdut, Deureuham, Coding Mum, Orbit, Bisma, FoodStartUplndo, Creatw Retas dan Kreatiorial, Archipelageek, Akatara, Docs by The Sea, Identities, Pameran Ekraf Produk Lokal, WCEE, dan masih banyak lagi.

Penampilan beberapa Grup Musik dan seni pertunjukan juga akan meramaikan arena Bekraf Festival. Pengisi acara Bekraf Festival antara lain Gugun Blues Shelter, Andra and The BackBone, dan banyak lagi.

Bekraf Festival dilaksanakan dengan konsep keliling di beberapa kota di Indonesia. Penentuan tempat pelaksanaan Bekraf Festival merupakan penghargaan kepada daerah yang mendukung sepenuhnya kemajuan ekonomi kreatif. lni sekaligus menjadi alasan terpilihnya kota Surabaya menjadi tempat pelaksanaan Bekraf Festival 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Tenaga Kerja Perempuan Dominasi di 3 Sektor Industri Kreatif
Artikel Selanjutnya
Diajak Tembus Batas Kreativitas, Ini 3 Materi yang Bakal Dikantongi Generasi Millenial