Sukses

Desainer Asal Polandia Pamerkan Karya Poster di Serpong Tangerang

Desainer asal Polandia, Agnieszka Ziemiszewska menghadirkan koleksi karya-karyanya di Tangerang. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Desainer asal Polandia, Agnieszka Ziemiszewska mempertontonkan karya digital printingnya yang berbentuk poster, di Summarecon Mal Serpong (SMS), Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Sedikitnya ada 40 karya desain poster bertema typography yang dipamerkan dalam Agnieszka Ziemiszewska Poster Exhibition.

James Dermawan dari Pradita Institute menjelaskan, pameran Typography atau Tipografi sendiri memperlihatkan teknik desain poster yang memadukan antara ilmu seni dan teknik mengatur tulisan. Hal ini agar arti tulisan dapat tersampaikan dengan baik secara visual kepada pembaca.

Tipografi tidak hanya terbatas lewat pemilihan jenis huruf, ukuran huruf, dekorasi, kesesuaian dengan tema tetapi juga meliputi tata letak vertikal atau horizontal tulisan pada sebuah bidang desain. Sehingga bisa dilihat dalam pameran tersebut, karya yang dihasilkan bukan sekedar gambar, melainkan bentuk-bentuk yang unik.

"Nah, Agnieszka Ziemiszewska ini adalah seorang profesor desain grafis spesialisasi tipografi yang sudah mendunia, " ujar James, Senin (22/10/2018).

Sementara, menurut Sekretaris Program Studi DKV Pradita Institute, Citra Sakti, pameran ini memperlihatkan hasil karya Agnieszka selama 10 tahun terakhir. Kemudian, dia mengirimkan file dalam bentuk email lalu dicetak dan dipamerkan di pusat perbelanjaan tersebut. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Utusan Kedutaan Besar Polandia

Maka tidak heran, hasilnya membuat terkesan siapapun yang melihat. Termasuk dua orang utusan Kedutaan Besar Polandia yang hadir membuka pameran tersebut. 

Kemudian, selama dua bulan terakhir sebelum pameran digelar, Agnieszka juga sempat membimbing jarak jauh melalui video call kepada puluhan mahasiswa yang akan memamerkan karyanya. Dia juga yang menyeleksi dan memberi masukan hasil karya tipografi milik mahasiswa. 

"Ada 22 karya mahasiswa kami yang saat ini masih duduk di semester 1 juga ikut dipamerkan dengan tema yang sama," kata Citra. 

Kemudian, dengan menggandeng Worldwide Graphic Desaigners, dipamerkan pula puluhan karya poster bertemakan gempa Lombok dan Palu. Hal ini diperuntukan agar memberi semangat kepada warga Lombok dan Palu untuk tetap tegar dan semangat dalam menghadapi bencana alam ini. Pameran sendiri bakal digelar hingga  30 November mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.