Sukses

12 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dari Bahan yang Mudah Didapat

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang nih.

Liputan6.com, Jakarta Kulit wajah yang kusam memang menjadi musuh utama bagi semua orang. Apalagi nih, kulit kusam bikin penampilan kamu menjadi kurang menarik dan mengurangi rasa kepercayaan diri. Wajah yang cerah, bersih, segar, dan merona adalah impian setiap orang baik pria maupun wanita.

Kebanyakan orang ingin mempunyai kulit wajah yang cerah, bersih dan segar dengan cepat dan instan. Caranya adalah dengan menggunakan produk kecantikan, yaitu sabun wajah, pelembap wajah, alas bedak, dan bedak. Namun tidak semua produk-produk kecantikan itu aman bagi kulit wajah kamu. Produk-produk kecantikan hanya akan menutup dan menyamarkan wajah kamu untuk sementara saja, tidak membuat wajah kamu menjadi cerah secara permanen.

Selain itu, produk kecantikan juga mahal harganya. Memang ada yang murah, tapi apakah terjamin kualitas dan keamanannya? Jangan kuatir, ada cara lain yang bisa menjadi alternatif mudah dan murah bagi kamu. Ada banyak sekali bahan-bahan alami di sekitar kamu yang mudah didapatkan dan bisa membuat kulit wajahmu bebas dari kusam. Tak perlu takut akan efek sampingnya karena menggunakan bahan alami. Dihimpun liputan6.com dari berbagai sumber Sabtu (20/10/2018), berikut 12 cara memutihkan wajah pria maupun wanita dengan cepat dan alami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Alpukat.

Buah alpukat mempunyai manfaat  menjaga dan melindungi kulit dari keriput dan mencegah penuaan dini. Alpukat mengandung banyak karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E bermanfaat untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari. Sedangkan Vitamin c merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen supaya kulit tetap kenyal.

Caranya sangat mudah:

- Haluskan daging alpukat sampai lembut

- Oleskan pada wajah secara merata

- Diamkan selama 25 menit

- Bilas dengan air bersih

3 dari 13 halaman

2. Pisang.

Buah pisang kaya akan vitamin C dan bisa digunakan untuk memutihkan wajah secara alami.

Cara memutihkan kulit wajah dengan buah ini begitu mudah:

- Haluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut

- Tambahkan 1 sdm madu

- Campur hingga rata lalu

- Oleskan pada wajah

- Biarkan mengering selama 20 menit

- Bilas dengan air bersih

4 dari 13 halaman

3. Tomat.

Buah tomat mengandung senyawa anti-oksidan yaitu lycopine. Lycopine terbukti dapat menangkal radikal bebas supaya wajah menjadi cerah dan berseri. Tomat juga dapat digunakan sebagai tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV dari matahari.

Cara penggunaannya adalah:

- Haluskan tomat hingga menjadi bubur

- Oleskan pada wajah

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih.

Dengan melakukan cara memutihkan wajah secara alami ini secara rutin 2-3 kali seminggu maka hasil yang didapat akan memuaskan

5 dari 13 halaman

4. Kentang.

Kentang mengandung mineral yang dapat digunakan menjadi antibiotik alami, agar dapat memperlambat penuaan wajah dan membantu regenerasi kulit. Anti-oksidan yang alami pada kentang, juga berperan penting agar noda atau flek wajah dapat tersamarkan dan hilang sempurna.

Bagaimana cara menggunakannya yaitu:

- Haluskan kentang yang telah direbus

- Campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta

- Oleskan pada wajah

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

Cara alami memutihkan wajah ini akan efektif jika kamu mengaplikasikannya secara rutin, yaitu pada waktu malam sebelum kamu tidur. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit yang normal, penggunaan bahan ini cocok buat kamu.

6 dari 13 halaman

5. Timun.

Pada timun terdapat mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran wajah sehingga wajah tidak terlihat kusam. Timun juga mampu untuk menghambat pigmentasi kulit dan menghilangkan lingkar mata hitam pada wajah kamu. 

Cara memutihkan wajah secara alami dengan menggunakan timun adalah:

- Iris timun tipis-tipis

- Tempelkan pada seluruh wajah

- Diamkan selama 30 menit

- Basuh dengan menggunakan air bersih

7 dari 13 halaman

6. Putih telur.

Putih telur juga dapat digunakan untuk mengenyalkan wajah serta mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Gunakan putih telur sebagai masker wajah selama 10 menit, supaya wajah terlihat cerah dan berseri. Kamu bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon, untuk menghilangkan bau amis pada telur.

8 dari 13 halaman

7. Susu.

Kolagen yang ada pada wajah berguna agar kulit tetap terasa kenyal dan tidak berkerut. Pada susu terdapat kandungan vitamin D yang bisa meningkatkan produksi kolagen. Dan juga vitamin B6 bertugas untuk merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap. Perawatan ini cocok untuk jenis kulit yang kering.

Cara memutihkan kulit wajah menggunakan susu yaitu:

- Campur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu

- Jadikan masker wajah

- Biarkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

9 dari 13 halaman

8. Minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang tugasnya membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, sehingga mencegah munculnya keriput pada usia dini. Kandungan anti-oksidan-nya yang disebut polifenol juga mampu membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

Cara menggunakannya:

- Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu

- Gunakan sebagai masker wajah

- Diamkan selama 10 menit

- Bilas dengan air bersih

10 dari 13 halaman

9. Cuka apel.

Sifat asam dari cuka apel dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel-sel kulit mati. Cuka apel berguna sebagai toner alami bagi kulit wajah dan juga berfungsi untuk mengurangi minyak yang berlebihan serta mengurangi peradangan pada kulit.

Cara memutihkan kulit wajah sebagai toner alami dengan bahan ini:

- Campurkan 1 sdm cuka apel dengan 3 atau 4 sdm

- Celupkan kapas pada cairan tersebut

- Oleskan pada wajah kamu

- Jika tak tahan dengan baunya yang pekat, setelah 10 menit  bisa dibilas dengan air bersih

11 dari 13 halaman

10. Madu.

Pelembab alami wajah berikutnya adalah madu yang juga mampu mencerahkan kulit karena mengandung anti-oksidan yang juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Kamu cukup melakukan hal ini:

- Ambil 1 sdm madu

- Oleskan pada wajah

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

Bila kamu rutin melakukan cara alami memutihkan wajah ini setiap hari, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal

12 dari 13 halaman

11. Lidah buaya.

Lidah buaya mengandung zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap, yaitu aloesin. Karena itu ada banyak jenis produk pencerah wajah yang menggunakan lidah buaya dalam komposisinya. 

Lidah buaya juga mampu menjaga kesehatan dan keindahan rambut, dan juga berfungsi untuk melembabkan dan membersihkan kulit wajah kamu.

Caranya pun mudah saja:

- Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah

- Oleskan secara merata pada kulit wajah kamu

- Diamkan selama 15 menit

- Bilas dengan air bersih

Sebaiknya lakukan cara ini secara rutin pada pagi dan sore hari agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

13 dari 13 halaman

12. Lemon atau jeruk nipis

Lemon adalah jenis buah jeruk yang juga kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Buah lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Fungsi lemon maupun jeruk nipis adalah untuk membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah dan mengatasi minyak yang berlebihan. 

Caranya :

- Oleskan perasan air lemon atau jeruk nipis pada wajah kamu

- Diamkan selama 15 menit

- Bilas dengan air hangat

Maka wajah kamu akan segera menjadi segar dan merona karena lemon merupakan alat bleaching yang alami. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan cara ini secara teratur 2-3 kali seminggu. Hal yang perlu diperhatikan bagi kamu yang mempunyai kulit sensitif, harap berhati-hati dalam menggunakan bahan alami ini karena dapat menimbulkan iritasi kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.