Sukses

6 Makanan Praktis untuk Korban Bencana Gempa Palu dan Donggala Selain Mi instan

Mi instan sering menjadi sumbangan warga untuk membantu korban bencana, tak terkecuali gempa Palu dan Donggala. Padahal, ada pilihan makanan lain yang lebih praktis.

Liputan6.com, Jakarta - Makanan menjadi salah satu hal yang banyak dipilih untuk membantu korban bencana alam, termasuk para korban gempa di Palu dan Donggala. Mi instan kerap menjadi pilihan utama. Selain sifatnya yang praktis, mi instan mudah disimpan. Harganya pun terjangkau.

Padahal dalam kondisi darurat, mi instan belum tentu praktis. Selain dibutuhkan air bersih untuk memasaknya, korban juga membutuhkan kompor yang belum tentu tersedia. Mi instan yang dominan mengandung karbohidrat, juga tidak bisa mencukupi kebutuhan gizi seseorang.

Bagi pemberi bantuan, tidak ada salahnya memilih jenis makanan lain untuk korban bencana di Palu dan Donggala yang saat ini sangat membutuhkan pasokan makanan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam makanan yang bisa menjadi pilihan selain mi instan.

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) bersama Kitabisa.com mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Biskuit

Biskuit adalah produk jajanan renyah yang dibuat dari bahan tepung dengan cara dipanggang. Biskuit mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Di dalam biskuit juga terkandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Untuk dikirim kepada korban bencana alam, biskuit sebaiknya dikemas dalam kaleng agar tak mudah hancur.

3 dari 7 halaman

Kurma

Buah kurma selain mengandung karbohidrat, juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Buah kurma mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kurma juga bisa menjadi obat bagi korban bencana yang terkena diare karena banyak mengandung potasium. Untuk dikirim kepada korban bencana alam, sebaiknya kurma dikemas agar tidak mudah rusak. 

4 dari 7 halaman

Rendang

Rendang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Kemasannya juga bisa diatur agar praktis dan tak memakan tempat.

 

5 dari 7 halaman

Kornet

Kornet adalah daging sapi yang diawetkan dalam air garam dan kemudian dimasak dengan cara direbus. Biasanya digunakan potongan daging yang mengandung serat memanjang, seperti brisket. 

6 dari 7 halaman

Abon

Abon adalah makanan yang yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui kecap. Abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara.

7 dari 7 halaman

Emergency Food

Di zaman modern saat ini, banyak peneliti dan inovator yang membuat inovasi makanan darurat dalam bentuk ransum yang siap makan dan tinggi gizi. Beberapa hasil karya anak bangsa yang bisa dijadikan alternatif ketersediaan makanan darurat, seperti makanan iradiasi dan imunoyoi. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.