Sukses

5 Tempat Wisata Hits Sekitar Jakarta untuk Nikmati Gerhana Bulan Total

Fenomena alam Gerhana Bulan Total (GBT) akan melintasi wilayah Indonesia akhir pekan ini, Sabtu 28 Juli 2018.

Liputan6.com, Jakarta Fenomena alam Gerhana Bulan Total (GBT) akan melintasi wilayah Indonesia akhir pekan ini, Sabtu 28 Juli 2018. Gerhana bulan kali ini menjadi sangat spesial lantaran memiliki durasi yang lama, yakni mencapai 103 menit. Menurut Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ini menjadi yang terlama dan baru akan terjadi lagi dalam kurun waktu ratusan tahun.

Gerhana Bulan Total sendiri bisa disaksikan denga mata telanjang, namun demikian ada beberapa tempat pengamatan yang membuka peneropongan umum dengan bantuan alat, salah satunya adalah Planetarium Jakarta. Peneropongan umum di Planetarium dibuka mulai Jumat 27 Juli pukul 23.00 dan berakhir Jumat 28 Juli 2018 pukul 06.00 pagi.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan momen langka ini sambil berwisata, ada beberapa tempat menarik di sekitar Jakarta yang bisa menjadi pilihan. Catatan dari BMKG, meski fenomena alam ini bisa disaksikan tanpa bantuan alat, namun tempat pengamatan yang nyaman, aman, bebas polusi, dan jauh dari gemerlap lampu kota jadi tempat yang tepat untuk menyaksikan Gerhana Bulan Total ini dengan sempurna.

Berikut 5 tempat di sekitar Jakarta yang bisa menjadi pilihan untuk menyaksikan fenomena alam Gerhana Bulan Total, seperti yang disusun tim Liputan6.com, Rabu (25/7/2018).

Situgunung

Situgunung bisa menjadi pilihan lokasi pengamatan GBT yang seru lantaran tempat wisata ini dilengkapi area camping tanpa repot-repot membawa tenda. Selain jauh dari hiruk-pikuk, tempat ini masih sangat alami, berada di ketinggian, dan yang pasti jauh dari polusi. Setelah mengatami gerhana bulan, keesokan harinya Anda bisa berkunjung ke jembatan gantung terpanjang, berenang di curug sawer, atau sekadar mengagumi keindahan. Pastikan keluasan lokasi pengamatan Anda dan tidak tertutup apa pun. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Geopark Ciletuh

Sebagai kawasan wisata dan konservasi, Ciletuh menawarkan keindahan alam yang asri dan tentunya jauh dari polusi. Tempat wisata yang dikukuhkan menjadi Geopark Nasional pada 2015 dan masuk sebagai anggota Geopark Dunia UNESCO ini merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan gerhana bulan yang sempurna. Apalagi kawasan ini juga dilengkapi banyak destinasi wisata alam yang memukau, mulai dari wisata pantai, wisata gunung, hingga wisata air terjun. Pastikan Anda telah mendapatkan izin sebelum menjadikan tempat ini sebagai lokasi pengamatan.

 

3 dari 5 halaman

Gunung Parang

Masih ingat dengan hotel gantung yang hits pada awal 2017? Ya, kawasan Gunung Parang yang berlokasi di Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini menjadi magnet baru bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menikmati wisata gunung dengan cara yang berbeda. Formasi batuan andesit dengan ketinggian mencapai 930 meter di atas permukaan laut bisa menjadi lokasi pengamatan gerhana bulan yang seru. Apalagi kawasan ini juga punya fasilitas hotel gantung yang makin hits di kalangan traveler.

 

4 dari 5 halaman

Gunung Batu Jonggol

Meski hanya bukit dengan ketinggian sekitar 875 meter di atas permukaan laut, Gunung Batu Jonggol bisa menjadi lokasi yang asyik dan unik untuk mengamati keindahan Gerhana Bulan Total.  Ada dua akses jalan untuk bisa sampai ke lokasi ini menggunakan kendaraan pribadi, yatu via Cielengsi-Bogor menuju Kampung Menger, dan via Cibinong-Citereup menuju Tajur dan masuk ke kawasan Sukamakmur. Yang perlu menjadi catatan, sejauh ini belum ada transportasi umum yang melewati kawasan wisata ini.

 

5 dari 5 halaman

Lembang Bandung

Siapa yang tidak kenal dengan kawasan wisata hits yang satu ini? Lembang Bandung nama yang sudah tidak asing lagi bagi traveler milenial. Selain punya fasilitas outbound, di kawasan ini juga banyak ditemukan resort mewah yang bisa jadi tempat instagramable untuk mengamati fenomena alam Gerhana Bulan Total terlama. Perlu menjadi catatan, untuk menghindari macet di jalan akses masuk, ada baiknya datang lebih awal dari tanggal munculnya fenomena gerhana bulan.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.