Sukses

5 Tips Jitu agar Ibadah Ramadan Lancar Selama Traveling

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang selama bulan Ramadan Anda tidak bisa traveling ke berbagai tempat? Bagi Anda yang gemar melakukan perjalanan ke berbagai destinasi, tidak perlu khawatir jika perjalanan tersebut akan menghambat ibadah dan puasa selama Ramadan.

Dilansir dari HalalTrip, Rabu (23/05/18), berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika berpergian selama bulan Ramadan.

Membawa Persedian Makanan untuk Berbuka

Ada baiknya Anda selalu membawa menu berbuka puasa praktis di dalam ransel pada saat berpergian di bulan ramadan. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika Anda terjebak dalam situasi di mana tidak bisa menemukan makanan atau minuman ketika waktu berbuka sudah mendekat.

Cukup siapkan sebotol kecil air minum, kurma dan satu bungkus biskuit untuk membantu menunda rasa lapar sampai Anda benar-benar tiba di tempat tujuan ataupun menemukan tempat makan.

Salat

Apabila Anda berpergian dengan jarak tempuh yang sangat jauh atau tidak memungkinkan untuk menemukan tempat salat, maka Anda bisa mempersingkat dengan Jama’ dan Qashar. Anda bisa menggabungkan salat Zuhur dengan Asar atau salat Magrib dengan Isya. Serta meringkas jumlah rakaat pada salat Zuhur, Ashar dan Isya menjadi dua rakaat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih Trasnportasi yang tepat

Ketika hendak melakukan perjalanan keluar negeri yang membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama, maka sangat disarankan untuk memilih jadwal penerbangan setelah berbuka puasa atau sebelum datangnya waktu fajar. Hal ini bertujuan agar puasa Anda lancar tanpa gangguan.

Survei Lokasi

Jika berniat untuk menetap selama beberapa hari disebuah kota atau negara yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, ada baiknya untuk meninjau lokasi masjid yang lebih dekat dengan tempat Anda akan bermalam, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan melewatkan salat Tarawih berjemaah.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Membawa Alquran

Selama perjalanan, seringkali Anda akan kehabisan ide untuk mengisi waktu kosong. Maka tidak ada salahnya membawa dan membaca alquran kecil atau memasang aplikasi alquran digital pada ponsel. Selain itu, Anda bisa mengisi waktu dengan membaca zikir sesuai dengan tuntunan.

*(Latifah Gusri)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.