Sukses

Ini yang Perlu Dilakukan Sebelum dan Sesudah Mewarnai Rambut

Simak apa yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah mewarnai rambut

Liputan6.com, Jakarta Mewarnai rambut bisa jadi cara mengekspresikan diri. Berbagai warna dan teknik pewarnaan yang digunaka bisa mencerminkan Anda sebagai personal.

Namun banyak dilema yang terjadi ketika seseorang hendak mewarnai rambut untuk pertama kali. Banyak orang yang mempertanyakan tentang keamanan mewarnai rambut. Dilansir dari Boldsky pada Rabu (25/4/2018), Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini ketika sebelum dan sesudah mewarnai rambut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebelum mewarnai rambut

1. Lakukan riset

Jika ini menjadi yang pertama bagi Anda untuk mewarnai rambut, Anda perlu melakukan riset, seperti rambut Anda baiknya diwarnai dengan warna apa dan dilakukan dengan teknik pewarnaan seperti apa. Pastikan juga stylish yang Anda gunakan adalah orang yang memang ahli di bidangnya.

2. Konsultasi

Anda bisa bertanya kepada stylish Anda yang sudah ahli di bdiangnya dan memahami jenis dan karakter rambut Anda. Lakukan konsultasi selama minimal 15 menit. Pastikan apa yang disarankan stylish memang sesuai dengan apa yang Anda mau.

3. Spesifik

Ketika hendak mewarnai rambut, katakan secara spesifik apa yang Anda mau. Dengan warna apa dan teknik pewarnaan seperti apa. Misalnya, ingin meng-highlight rambut. Jika Anda baru pertama kali mewarnai rambut, disarankan untuk tidak langsung mewarnainya secara permanent. Sehingga ini menjadi kesempatan Anda trial jika pewarnaan rambut yang dihasilkan tidak sesuai dengan keinginan Anda.

4. Aplikasikan hair mask sebelum mewarnai rambut

Sebelum mewarnai rambut, lebih baik aplikasikan hair mask sehari sebelumnya. Hair mask ini membantu melembabkan rambut sebelum diaplikasikan dengan berbagai warna. Pasalnya proses pewarnaan rambut akan membuat rambut menjadi kering jika tidak menggunakan hair mask terlebih dahulu.

3 dari 3 halaman

Setelah mewarnai rambut

1. Cuci rambut kapanpun

Sebenarnya tidak perlu menunggu tiga hari untuk mencuci rambut setelah diwarnai. Karena mau dicuci sehari setelahnya atau tiga hari setelahnya tidak akan ada bedanya.

2. Ganti sampo dan kondisioner

Setelah mewarnai rambut, Anda tidak bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang biasa Anda gunakan. Ganti sampo dan konditioner yang memang khusus untuk perawatan rambut berwarna.

3. Lindungi dari matahari

Setelah diwarnai, sangat tidak disarankan untuk rambut langsung terkena sinar matahari. Karena rambut akan terkena debu dan membuat warna rambut menjadi lebih cepat. Disarankan untuk menggunakan hair cover setiap keluar rumah.

4. Jangan terkena air kolam

Air di kolam berenang biasanya mengandung klorin yang akan menimbulkan reaksi kimia jika terkena rambut Anda yang baru diwarnai. Jika Anda berenang, gunakan shower cap untuk melindunginya dari air kolam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.