Sukses

10 Hal Ini Wajib Dibahas agar Pernikahan Berjalan Mulus

Liputan6.com, Jakarta Menikah bukan hanya tentang perayaan, banyak hal yang harus Anda siapkan sebelumnya. Sebenarnya, ada banyak hal yang harus dibicarakan saat tunangan lebih awal sebelum menikah.

Dilansir dari shefinds.com, Jumat (23/2/2018), berikut ini adalah beberapa hal yang harus dibicarakan saat tunangan sebelum menikah. Penasaran apa saja?

1. Situasi keuangan

Tidak bisa dipungkiri uang adalah penyebab utama dari masalah di dalam sebuah hubungan. Jadi, sebisa mungkin bicarakan masalah uang di awal, tentang utang kartu kredit, pinjaman, dan tabungan.

Hal ini akan membuat Anda dan pasangan lebih mudah menentukan tujuan yang realistis, seperti tema pernikahan atau rencana membeli rumah. Jujurlah tentang masalah uang di awal hubungan.

2. Di mana Anda dan pasangan akan tinggal

Sangat mengerikan jika Anda mengetahui pasangan ingin tinggal di belahan dunia yang lain setelah menikah. Yang lebih menyedihkan adalah ketika Anda tetap ingin tinggal di tempat yang sama setelah menikah agar dekat dengan keluarga dan kerabat.

3. Rencana membeli rumah

Hampir semua pasangan ingin membeli rumah setelah menikah, jadi bicarakan detailnya seawal mungkin. Kapan Anda ingin membeli rumah, sebelum atau sesudah? Berapa banyak yang ingin Anda belanjakan untuk menikah?

 

2 dari 3 halaman

Hal-hal yang harus dibicarakan sebelum menikah

4. Memulai sebuah keluarga

Jika Anda dan pasangan telah sepakat ingin memulai sebuah keluarga setelah menikah, bicarakan tentang waktunya. Tanyakan kepada pasangan berapa banyak anak yang diinginkan dan siapa yang akan menjaga mereka ketika Anda dan pasangan sama-sama bekerja.

5. Agama

Hal ini sangat penting untuk dibicarakan, terutama ketika Anda dan pasangan berbeda agama. Walaupun tidak menjadi masalah saat ini, namun di masa depan, anak-anak Anda yang akan merasakan akibatnya.

6. Pembayaran tagihan

Bagaimana Anda dan pasangan akan menangani tagihan setelah menikah? Siapa yang akan membayar tagihannya?

7. Tugas rumah tangga

Anda dan pasangan harus sama-sama mengambil tanggung jawab di dalam rumah tangga. Bicarakan lebih awal tentang siapa yang akan melakukan tugas apa.

3 dari 3 halaman

Hal-hal yang harus dibicarakan sebelum menikah

8. Memisahkan hari libur

Libur bisa menyebabkan stres bagi pasangan pengantin baru. Pembagian liburan juga menyangkut keluarga siapa yang akan dikunjungi, sehingga hal ini harus dibicarakan lebih awal untuk menghindari pertengkaran.

9. Waktu bersama teman-teman

Setelah menikah, Anda akan lebih fokus dan menghabiskan waktu untuk pasangan. Jadi, bicarakan lebih awal bagaimana nantinya akan menghabiskan waktu bersama teman-teman setelah menikah.

10. Berkomunikasi dengan mantan

Apakah Anda dan pasangan sama-sama masih memiliki hubungan yang baik dengan mantan? Jika iya, mungkin ke depannya akan lebih santai mengenai hal ini setelah menikah.

Lama Tak Jumpa, Ini Dia Potret Kitano Raja 'Benteng Takeshi'
Loading