Sukses

Single Saat Semua Sahabat Sudah Bertunangan? Simak Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta Single saat ini membuat Anda menghadapi lebih banyak tantangan, terutama jika orang-orang di sekitar telah menjalin hubungan cinta, bertunangan, bahkan menikah, ya? Hal yang normal baik bagi pria maupun wanita jika merasa ditinggalkan di saat-saat seperti ini.

Dilansir dari sheknows.com, Minggu (18/2/2018), saat ini semakin banyak orang yang memberikan tekanan pada diri sendiri untuk mencapai kesuksesan atau keberhasilan. Ketika hubungan jangka panjang tidak terjadi, perasaan tidak layak akan muncul.

Seorang terapis berlisensi bernama Tamara Hill menjelaskan bahwa hal ini semakin sering terjadi ketika Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan pertunangan mereka kepada publik. Jika Anda salah satu yang sedang atau selalu diliputi perasaan gagal di saat single, ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Tetap fokus

Semua orang datang dengan cerita latar belakang yang berbeda, termasuk juga Anda. Tentu saja cerita berbeda akan menghasilkan hasil yang juga berbeda.

Tidak berarti bahwa Anda lebih buruk daripada mereka yang telah bertunangan atau sepertinya menjalani kehidupan yang baik. Anda tidak akan pernah tahu apa yang harus dilalui oleh setiap orang untuk mencapai tempat mereka saat ini, bukan?

2. Ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian

Apa yang Anda alami saat ini adalah sebuah pengalaman yang benar-benar umum dan ada banyak orang mengalami hal yang sama. Tidak perlu merasa sendirian.

3. Jangan mudah terpancing

Ini mungkin waktunya bagi Anda untuk beristirahat dari media sosial sementara waktu. Hal ini berarti Anda juga tidak harus menghadiri acara pernikahan atau pertunangan siapapun saat single.

 

 

2 dari 3 halaman

Tips single saat semua orang sudah bertunangan

4. Jika tujuannya adalah menikah, lihatlah segala kemungkinan

Jika Anda bersikeras ingin bertemu seseorang yang baik dan berkencan, terlebih dahulu tentukan pasangan seperti apa yang diinginkan. Anda harus merasa nyaman dengan diri sendiri terlebih dahulu, sebelum menjalin hubungan bersama orang lain, bukan?

5. Memiliki jurnal untuk bersyukur

Entah tidak pernah memilikinya atau malas melakukannya, ini saatnya untuk membuat jurnal harian. Jurnal ini akan membantu Anda untuk memperhatikan dan fokus pada hal-hal yang berjalan dengan baik, terlepas hal tersebut tidak berhubungan dengan cinta.

6. Ingatlah bahwa momen baik orang lain tidak selalu menjadi momen baik

Walaupun terdengar kasar, namun ini semua tergantung pada perspektif. Momen baik yang terjadi pada orang lain mungkin memang belum saatnya terjadi pada Anda.

3 dari 3 halaman

Tips single saat semua orang sudah bertunangan

7. Pertimbangkan alternatifnya

Belum menemukan seseorang yang tepat lebih baik daripada berhubungan dengan orang yang salah, bukan? Hal ini akan membuat Anda memiliki perspektif baru tentang status single.

8. Menyalurkan perasaan cemburu pada hal yang positif

Jangan biarkan perasaan cemburu atau kesedihan membuat Anda membenci orang lain. Gunakanlah perasaan tersebut untuk memotivasi diri sendiri agar dapat bergerak maju.

9. Tetap fokus pada masa depan

Tetapkan tujuan yang konkret di masa depan dalam jangka pendek, misalnya satu tahu ke depan dan jangka panjang, misalnya dalam lima tahun ke depan. Fokuslah pada hal-hal yang ingin Anda capai secara aktif saat menjadi single.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tidak Selalu Buruk, Ini 4 Pelajaran Menjadi Single