Sukses

Lebih Sehat dan Bahagia di 2018 dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Jelang pergantian tahun, sudahkah Anda mempersiapkan resolusi Anda di 2018? Kebanyakan orang menginginkan turunnya berat badan atau menjadi lebih sehat sebagai bagian dari resolusinya. Namun, hanya sedikit yang mampu mewujudkan. Kebanyakan akan gagal menjalani resolusinya dalam hitungan bulan atau bahkan minggu.

Sebenarnya, membuat perubahan penting untuk kesehatan dapat meningkatkan kebahagiaan di tahun yang baru nanti. Dilansir dari hollywoodlife.com pada Rabu (27/12/2017), perubahan terhadap pola hidup sehat dan bahagia dapat dilakukan dengan 5 cara mudah berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Minum air putih berlebih

Mungkin Anda sudah sering mendengar jika Anda membutuhkan sejumlah air dalam tubuh setiap hari. Air menjadi esensial hidrasi dan baik bagi seluruh organ tubuh Anda. Sekitar 60 persen dari tubuh orang dewasa adalah air. Maka, Anda membutuhkan 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik, minum air putih yang banyak dapat membuat kulit Anda lebih bersih. Karena pada dasarnya kulit mengandung air, jika mengalami dehidrasi akan membuatnya kering. Dengan minum air putih lebih banyak, mampu melembutkan kulit.

2 dari 6 halaman

2. Tidur Cukup

Tidur cukup menjadi sangat penting bagi kesehatan fisik dan juga mental. Kebutuhan tidur setiap orang memang berbeda. Berdasarkan rekomendasi CDC, orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam untuk tidur setiap malam. Jika Anda mengalami masalah tidur, Anda bisa memperbaikinya pada 2018 dengan menghindari bermain ponsel sebelum tidur dan juga mendengarkan musik menggunakan earphone sebelum tidur.

3 dari 6 halaman

3. Olahraga sesuai keinginan

Suka tidak suka, tubuh Anda membutuhkan olahraga. Anda harus mengubah pola pikir Anda tentang olahraga. Caranya, temukan hal atau kegiatan yang Anda sukai dan itu membuat Anda bergerak lebih. Misalnya, bermain sepeda atau bermain dance dance revolution.

4 dari 6 halaman

4. Makan makanan sehat

Mungkin ini menjadi hal yang menyebalkan terutama setelah liburan dengan makan makanan sehat. Namun kini banyak makanan sehat yang enak. Anda tidak boleh melewatkan sarapan sebelum beraktivitas. Hindari makanan kecil berkalori lebih. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengganti makanan kecil Anda dengan kacang, buah, atau snack bar. Kemudian pastikan ada makanan protein dan sayuran di setiap makan siang dan makan malam Anda. Jika Anda ingin makan daging, cukup seukuran telapak tangan Anda saja.

5 dari 6 halaman

5. Buat diri Anda bahagia

Kesehatan mental sama pentingnya dengan fisik. Anda harus mulai menyadari hal ini. Jika Anda merasa stres atau depresi, Anda harus menemukan cara untuk mengatasinya. Anda bisa mengambil beberapa hari untuk diri Anda. Lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia, seperti menonton film favorit, membaca buku, jalan-jalan, dan lain-lain. Anda berhak untuk merasakan bahagia dengan cara Anda sendiri. Perlu diingat jika diri Anda juga butuh diberi penghargaan.

Artikel Selanjutnya
Kolesterol Tinggi pada Anak Bisa Dicegah, Ini Caranya
Artikel Selanjutnya
Tubuh Pendek Susah Turun Berat Badan? Coba Cara Mudah Ini