Sukses

Ingin Sukses? Ikuti Intuisi Anda

Salah satu jalan menuju kesuksesan adalah dengan mengikuti intuisi dari dalam diri Anda sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mengalami perasaan tidak enak yang tiba-tiba datang? Sebuah bisikan hati, insting, atau sebuah informasi tentang sesuatu yang kita tidak tahu bagaimana datangnya? Itulah yang menurut Lynn Robinson, penulis buku Divine Intuition, yang disebut sebagai intuisi.

Menurutnya, pengetahuan intuisi itu adalah kebalikan dari pengetahuan intelektual, yang dapat diketahui karena kita melihat, mendengar atau pun merasakannya terlebih dulu. Sesungguhnya, dalam diri semua orang ada mekanisme yang akan menuntun Anda untuk menjalani hidup yang positif dan selaras dengan passion Anda. Intuisi itulah mekanismenya. Bagaimana agar kita bisa lebih mendengar intuisi?

Berikut adalah 6 cara untuk memperkuat intuisi.

1. Dengarkan apa kata intuisi Anda

Jika Anda dihadapkan untuk mengambil keputusan yang sifatnya segera, diamlah sejenak, bertanyalah pada diri Anda, sebab intuisi sebenarnya selalu bicara, jika kita mau mendengar.

2. Perhatikan ketika intuisi itu datang

Bagaimana biasanya intuisi itu berkomunikasi dengan kita? Tiap-tiap orang berbeda caranya mendapatkan intuisi. Bisa jadi melalui firasat, perasaan, gejala tubuh, bisa juga melalui pikiran. Makanya, pada saat Anda bingung membuat keputusan, Anda harus lebih peka terhadap kondisi tertentu dimana biasanya intuisi itu berkomunikasi dengan Anda.

3. Sering-seringlah bertanya pada diri Anda

Dengarkan secara mendalam kata-kata dari dalam diri Anda. Hal ini akan melatih Anda untuk lebih peka pada suara hati.

4. Praktikkan informasi yang Anda terima dari intuisi Anda

Mengembangkan intuisi seperti mempelajari kemampuan baru. Sama halnya seorang atlet. Semakin banyak dilatih, akan semakin lihai. Jika Anda belum terbiasa menggunakan intuisi, ada baiknya mempraktikkannya pada hal-hal kecil. Misalnya ketika telepon berdering, Anda menerima intuisi bahwa itu adalah dari suami Anda atau kerabat Anda. Tapi bukan asal menebak. Cara seperti ini hanya untuk melatih kepekaan intuisi Anda.

5. Bersabarlah pada intuisi yang tidak kunjung datang

Intuisi tidak selalu datang memberi informasi dengan cepat. Mungkin ada sebagian orang yang bisa mendapat intuisi secara kilat melalui meditasi, atau melalui mimpi, tapi itu tidak selalu terjadi. Ingat, intuisi itu datang pada saat yang tidak kita duga.

6. Buatlah sebuah catatan harian saat perlu mengambil keputusan

Buatlah rekaman pikiran dan observasi. Bagaimana perasaan Anda tentang seseorang yang sedang Anda pikirkan? Apakah ada gejala tubuh yang menjadi penanda baik atau buruk? Apakah Anda suara hati memberi tahu sesuatu? Hal ini sangat membantu untuk menguji ketepatan intuisi Anda. Apakah Anda mempercayai informasi yang Anda terima? Apakah Anda mempraktikkannya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini