Sukses

10 Kebiasaan Ini Bakal Bikin Anda Cepat Tua

Hati-hati, 10 kebiasaan ini bisa bikin Anda cepat tua.

Liputan6.com, Jakarta Apakah wajah Anda terlihat lebih tua dari seharusnya? Selain faktor genetik, ada faktor-faktor lain yang turut berkontribusi dalam penuaan dini. Seperti yang dilansir dari situs Bright Side pada Rabu (26/10/2016), ada 10 kebiasaan yang bisa membuat kita lebih muda, tanpa botoks dan operasi plastik.

1. Diet rendah lemak

Seringkali orang menghindari lemak karena takut mengganggu berat badan ideal. Padahal, sebetulnya tubuh kita butuh lemak. Untuk mencegah kerutan, penting sekali mengonsumsi asam lemak omega 3, yang fungsinya bisa membuat kulit lebih lembut dan kenyal. Diet rendah lemak mengakibatkan kita kehilangan komponen lemak baik yang dibutuhkan tubuh, menyebabkan penuaan dini pada kulit.

2. Kebiasaan minum dari sedotan

Ketika minum dari sedotan, kita harus menggerakkan bibir, dan membuat area sekitar mulut tertarik. Kebiasaan ini bisa menyebabkan daerah seputar bibir dan mulut mudah berkerut. Hal yang sama juga berlaku untuk kebiasaan merokok. Makanya, minum langsung dari gelas lebih baik daripada minum dengan sedotan.

3. Tidur dengan posisi menyamping

Tidur dengan posisi menghadap samping, dengan salah satu sisi wajah menekan ke bantal bisa meningkatkan risiko kerutan pada pipi dan dagu. Para ahli mengatakan, tidur dalam posisi telentang adalah posisi terbaik untuk penampilan yang lebih awet muda, segar, dan rileks.

4. Postur buruk

Postur yang buruk, seperti duduk miring di sofa, meja kerja yang tidak nyaman, bisa membuat otot dan tulang menjadi tegang. Akibatnya, Anda akan jadi sering merasakan sakit punggung dan kelelahan. Akibat jangka panjangnya adalah bungkuk dan kelainan bentuk tubuh. Cobalah beberapa latihan peregangan untuk membuat postur tubuh Anda tetap normal dan tegap.

5. Menggunakan tabir surya hanya saat liburan

Terlalu sering terpapar sinar ultra violet bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit. Untuk melindungi Anda dari efek buruk ultraviolet, sebaiknya gunakan tabir surya setiap hari. Bahkan di saat cuaca sedang mendung.

6. Terlalu sering terpapar AC

Terpapar dingin dari Air Conditioner (AC) terus menerus, baik itu di kantor, di mobil, dan di rumah, bisa membuat kulit menjadi kering. Batasi penggunaan AC dan setel suhu AC tidak terlalu rendah dari suhu kamar.

7. Antipati pada gula

Anda pasti sering mendengar keburukan gula, ya, itu bukan isapan jempol, memang demikian adanya. Namun demikian, ada yang lebih buruk dari efek gula, yakni stres. Stres juga buruk untuk tubuh kita. Sesekali memanjakan diri dengan makanan manis, kalau itu bisa membuat Anda bahagia dan melepaskan stres, kenapa tidak?

8. Terlalu banyak menonton televisi

Sebuah penelitian mengungkap, selama satu jam waktu yang kita habiskan untuk menonton televisi, harapan hidup kita berkurang selama 22 menit. Para ahli merekomendasikan, saat Anda duduk di sofa, bangunlah setiap setengah jam sekali dan berjalan kaki.

9. Kurang tidur

Orang dewasa membutuhkan waktu setidaknya 7 -8 jam setiap malam. Kurang tidur dan kurang istirahat bisa membuat Anda terlihat capek dan bisa memperpendek usia. Para ahli menyarankan untuk tidur lebih cepat ketika Anda merasa kekurangan energi ataupun kelebihan berat badan.

10. Stres karena berantakan

Tidak terorganisir dalam menyimpan barang-barang maupun dalam mengatur jadwal, bisa membuat kita rentan stres. Banyak penelitian yang pernah mengungkap bahwa stres berpengaruh buruk pada kerusakan sel, yang bisa mempercepat penuaan dini. Karenanya, jangan pernah menunda-nunda apa yang bisa diselesaikan hari ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.