Sukses

5 Langkah Sederhana Selalu Berpikir Positif untuk Hidup Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang pemikir bukanlah hal yang mudah. Jika Anda adalah salah satunya, maka bisa jadi akan selalu terbiasa menganalisis apa pun yang terjadi.

Tidak hanya itu, kebanyakan pemikir cenderung pada pikiran-pikiran dan prasangka buruk. Mengingat manfaat tak terhitung dari berpikiran positif, seperti mengurangi stres, mendorong rasa percaya diri, dan optimisme dalam hidup, berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk membenamkan perasaan positif dalam hidup Anda, seperti dilansir dari mydomaine.com, Senin (19/9/2016).

1. Buatlah pilihan
Langkah pertama adalah mengubah cara berpikir Anda mengenai positif dan negatif secara umum. Lebih baik memberikan batasan terhadap hal-hal yang mampu Anda lakukan. Dengan melakukan cara ini, Anda memiliki kekuatan untuk memilih menjalani hidup dengan cara seperti apa.

Anda memang tidak dapat mengontrol apa yang akan terjadi di dalam kehidupan, namun Anda dapat mengontrol cara menyikapinya.

2. Pahami diri Anda sendiri
Pikiran negatif telah begitu tertanam dalam diri manusia, begitu dalam sampai terkadang Anda tidak sadar sedang melakukannya. Anda dapat mulai menghentikan hal ini dengan cara mengenali sentimen negatif dan menggantinya dengan yang positif. Lihatlah suatu hal dalam skala yang lebih besar.

3. Ubah cara berpikir Anda
Sebenarnya mengubah cara berpikir membutuhkan waktu lama. Namun, cobalah melihat suatu keadaan dengan cara yang berlawanan, seperti melihat gelas yang setengah terisi, bukan setengah kosong.

4. Praktikkan
Beberapa penelitian menemukan butuh waktu 21 hari untuk membentuk sebuah kebiasaan baru, termasuk berpikiran positif. Usahakan Anda menjadi pribadi yang optimistis realistis dan fokus pada hal-hal yang positif.

Namun, banyak orang masih salah berpikiran bahwa pemikir positif hanya melihat sisi baik dan mengabaikan hal-hal lainnya. Ini berbahaya. Pemikir positif adalah orang yang benar-benar dapat mengenal sisi terang dan negatif, namun ia hanya fokus pada energi yang menghasilkan hal positif.

5. Berbagi
Berbagi hal-hal positif dengan orang lain akan membuat Anda berlatih. Biasakan mensyukuri 5 hal sederhana yang terjadi dalam hidup Anda setiap hari, tentukan tujuan yang ingin dicapai setiap hari, dan berikan pujian terhadap orang-orang di sekitar Anda. Pada akhirnya semua kebaikan akan kembali pada Anda.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Uji Coba Kartu Prakerja di Jakarta dan Bandung
Artikel Selanjutnya
Masuk Daftar 100 Kota Berbahaya di Dunia, Jakarta Masih Lebih Aman dari Kuala Lumpur