Sukses

Ini Alasan Jangan Unggah Boarding Pass di Media Sosial

Ini alasan mengapa Anda dilarang untuk mengunggah boarding pass di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Selama perjalanan Anda perlu untuk menjaga paspor dan boarding pass yang merupakan benda paling penting selama penerbangan Anda. Karena kedua benda ini merupakan hal yang penting, tentu Anda tidak bisa menyamakan dengan kertas biasa. Biasanya beberapa orang yang antusias dengan liburan akan mengambil foto paspor dan boarding pass mereka dan membagikan di dunia maya secara online. Ada juga yang membuang boarding pass mereka sembarangan setelah penerbangan selesai.

Boarding pass merupakan secarik kertas yang berisi nama penumpang, nomor penerbangan, tujuan, nomor kursi, dan nomor gate sebelum dan sesudah keberangkatan. Kebanyakan orang bepikir menempatkan boarding pas sembarangan, menghilangkan, dan menyebarkan fotonya di dunia maya tidak menjadi masalah. Namun tahukah Anda bahwa Anda harus menjaga kerahasiaan dari boarding pass?

Seperti yang dilansir dari situs Elitereaders, Senin (19/9/2016), Winston Krone, seorang ahli forensik mengungkapkan bahwa di dalam sebuah boarding pass terdapat bar code yang berisi data-data pribadi penumpang. Data-data tersebut berupa nama, alamat rumah, alamat email, dan nomer telepon. Hal ini berarti, jika Anda menyebarluaskan foto boarding pass, dapat membuat hacker dengan mudah mendapatkan akses informasi pribadi Anda bahkan termasuk laporan keuangan Anda.

Penumpang pesawat Garuda Indonesia menunjukkan Boarding Pass tujuan Jakarta-Ternate pada pengoperasian perdana Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang (9/8). (Liputan6.com/Immanuel Antonius).

Untuk itu Anda harus berhati-hati menjaga data pribadi Anda yang ada pada boarding pass. Ketika boarding pass Anda dibagikan melalui media sosial orang-orang akan dengan mudah melihat barcode dan ini dapat disalahgunakan oleh hacker dan pencuri.

Pastikan Anda menyimpan boarding pass Anda dengan aman sebelum, di perjalanan, hingga sesudah penerbangan agar tidak ada seorangpun yang bisa mendapatkan data pribadi Anda. Akan lebih aman untuk tidak mengambil gambar boarding pass dan membagikan pada akun media sosial Anda.

Terlebih dengan teknologi yang semakin canggih saat ini Anda tidak dapat memastikan semua bisa saja dilakukan dengan mudah. Bisa saja data pribadi ini digunakan orang yang tidak bertanggung jawab sehingga merugikan Anda. Untuk itu, hindari untuk mempublikasikan foto paspor dan boarding pass Anda secara online untuk perjalanan dan liburan yang nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini