Sukses

20 Kebiasaan Harian yang Harus Anda Lakukan Mulai Sekarang

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan selalu menjadi waktu terbaik untuk duduk bermalas-malasan dan tidak melakukan apa-apa. Namun, bukankah lebih baik waktu luang yang Anda miliki digunakan untuk mengasah keterampilan?

Dilansir dari purewow.com, Rabu (31/8/2016), berikut ini adalah kebiasaan sehari-hari yang dapat Anda praktikkan mulai dari sekarang.

1. Bangun pagi tanpa mengulur waktu alarm. Cobalah untuk menaruh jam di ujung ruangan dari tempat tidur Anda, sehingga ketika alarm berbunyi, Anda benar-benar bangun.

2. Usahakan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup.

3. Dapatkan sedikit sinar matahari ketika Anda bangun pagi. Selain membantu merapikan jam bangun pagi Anda, cara ini juga dapat memberi semangat untuk menjalani hari dengan baik.

4. Simpan waktu di pagi hari dengan membuat sarapan di malam sebelumnya. Mungkin menu praktis seperti sereal?

5. Sama halnya dengan memilih pakaian. Belajar untuk membuat jadwal pakaian yang ingin Anda kenakan dalam seminggu di awal minggu. Cara ini dapat benar-benar menghemat waktu Anda.

2 dari 4 halaman

Minum air putih

6. Minum air putih sebanyak mungkin yang dapat Anda lakukan dalam sehari.

7. Lakukan ritual meditasi sekali dalam sehari secara rutin untuk membersihkan pikiran Anda. Cara ini dapat dilakukan selama 3 menit atau 1 jam, tergantung kemampuan Anda.

8. Buat 1 kebiasaan baru dalam sehari dan konsisten melakukannya, entah itu berjalan kaki ke kantor atau menjadi relawan di sebuah komunitas. Anda akan terkejut bagaimana hal tersebut dapat dengan cepat menjadi rutinitas baru.

9. Berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumah pada sore hari untuk meningkatkan energi dan mendapatkan udara segar.

10. Kurangi asupan makanan tidak sehat di kantor. Jika Anda membutuhkan cemilan saat bekerja, usahakan memakan sesuatu yang masih mengandung gizi atau dapat memberikan kebaikan pada tubuh Anda.

3 dari 4 halaman

Tunjukkan sikap baik

11. Tunjukkan sikap baik Anda. Jika Anda pernah dibukakan pintu ruangan oleh seseorang, jangan langsung pergi melewatinya. Sebaliknya, berhenti sebentar, tersenyum, dan ucapkan terima kasih pada orang tersebut.

12. Berikan pujian pada seseorang setiap hari secara rutin. Cara ini akan membuat Anda dan orang tersebut sama-sama memiliki  perasaan bahagia.

13. Ketahui hal-hal baru di sekitar Anda.

14. Pelajari kembali kebiasaan Anda selama ini. Apakah Anda benar-benar harus membeli es krim setiap hari?

15. Cobalah untuk merencanakan kegiatan makan Anda. Cara ini mungkin tidak cocok jika dilakukan setiap hari, lakukannya sebagai tugas mingguan.

4 dari 4 halaman

Lakukan hal yang membuat Anda bahagia

16. Lakukan 1 hal yang benar-benar Anda sukai setiap hari secara rutin, entah itu membaca buku atau menonton TV. Apa pun yang membuat Anda bahagia.

17. Bangun semangat dari diri sendiri. Anda bisa membuat sebuah mantra atau gunakan sebuah mantra penyemangat yang memang sudah terkenal sejak dulu, seperti "Beyonce wasn't built in a day."

18. Letakkan ponsel Anda 1 jam sebelum jadwal tidur di malam hari. Ini dapat menjadi sinyal bagi tubuh untuk tenang dan otak untuk memproduksi melatonin, yang membantu Anda tertidur lebih cepat.

19. Lakukan perawatan kulit wajah dan konsisten melakukannya. Sebelum tidur, usahakan tidak melewatkan perawatan apa pun untuk membuat kulit tampak lebih baik seiring bertambahnya usia.

20. Sebelum mengakhiri hari, pikirkan 1 hal yang membuat Anda bangga hari itu. Selain membuat Anda lebih bahagia, cara ini juga dapat membuat Anda lebih bersyukur.