Sukses

5 Cara Hemat Listrik di Rumah Tanpa Mematikan AC

Liputan6.com, Jakarta Hidup di musim panas memang bukan hal yang mudah. Ketika suhu di luar sangat panas, Anda dihadapkan pada dua pilihan, bertahan di dalam rumah dengan udara yang panas atau menyalakan AC rumah, namun tagihan listrik akan membengkak. Apa yang menjadi pilihan Anda biasanya?

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, dilansir dari purewow.com, Kamis (4/8/2016), berikut ini adalah beberapa cara menghemat listrik di rumah, tanpa perlu mematikan AC.

1. Nyalakan AC, namun naikkan suhu derajatnya
Jika biasanya Anda suka tidur di malam hari dengan suhu 18 derajat, cobalah naikkan beberapa derajat, karena faktanya ini dapat menyimpan 3 sampai 4 persen energi.

2. Bersihkan filter AC
Jika filter AC Anda tertutupi oleh debu dan semua kotoran, ini akan membuat AC tidak bekerja secara fungsional. Bersihkan sebulan sekali dengan campuran air hangat dan cairan pembersih piring.

3. Tutup setiap celah di pintu dan jendela
Anda akan terkejut berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan hanya untuk mendinginkan sebuah ruangan. Mengapa? Karena semua celah kecil di setiap pintu dan jendela. Anda tidak perlu memanggil tenaga ahli, cukup tutup semua celah di pintu dan jendela Anda, masalah terpecahkan.

4. Matikan oven listrik
Oven listrik memakan energi yang cukup besar di rumah Anda, sehingga usahakan untuk memasak semua makanan Anda, tanpa perlu menggunakan oven listrik.

5. Berhenti menaruh makanan panas di dalam kulkas
Pernahkah Anda melakukan hal ini? Menaruh makanan dengan suhu panas ke dalam kulkas. Berhenti melakukan hal ini, karena ia akan membuat kulkas rusak dan tagihan Anda meningkat.