Sukses

Ini 10 Alasan Mengapa Seks Bisa Terasa Menyakitkan

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara untuk mendeskripsikan seks, seperti menarik, mendebarkan, dan menggairahkan. Seharusnya seks selalu menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun, bagaimana jika seks justru terasa menyakitkan?

Dilansir dari goodhousekeeping.com, Selasa (19/7/2016), berikut ini adalah beberapa alasan mengapa seks terasa menyakitkan bagi Anda dan cara memperbaikinya, menurut dua orang seksolog, Yvonne K. Fulbright, Ph.D dan Mary Jane Minkin, M.D.

1. Anda tidak mendapatkan cukup pelumas
Meskipun vagina bisa melumasi dirinya sendiri secara alami, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kekeringan. Pelumas dapat menyebabkan vagina Anda terkena masalah serius, sehingga gunakan pelumas dari luar yang Anda percaya.

2. Alergi terhadap mainan seks
Sama halnya dengan pelumas, mainan seks atau produk tertentu yang Anda gunakan dapat menyebabkan iritasi, sehingga Anda disarankan untuk menggunakan produk yang terbuat dari bahan alami.

3. Rambut yang tumbuh ke dalam
Hal ini bisa terjadi ketika Anda mengalami waxing yang gagal. Selain rambut yang tumbuh ke dalam, jerawat juga dapat membuat Anda kesakitan ketika terjadi gesekan.

4. Melakukan posisi seks yang salah
Tidak masalah untuk bereksperimen mencoba berbagai gaya yang belum pernah dilakukan sebelumnya, tapi terkadang suatu gaya bukan diciptakan untuk semua orang.

5. Memiliki disfungsi seksual
Hal ini tidak banyak dibahas. Namun memang beberapa wanita mengalami gangguan yang dikenal sebagai vaginismus, di mana otot-otot vagina akan mengejang saat berhubungan seks dan membuat penetrasi menjadi menyakitkan. Jika Anda mengalami hal ini, ada sebuah terapi untuk menyembuhkan disfungsi ini.

6. Penis pasangan yang terlalu besar
Penis pasangan yang terlalu besar juga menyebabkan masalah tertentu saat berhubungan seks. Saat datang waktunya penetrasi, Anda perlu mencoba untuk melakukan posisi sederhana, seperti misionaris dan jangan lupakan untuk melakukan foreplay yang hebat.

7. Anda baru saja melahirkan
Sejak vagina mengalami trauma yang besar seperti melahirkan, tubuh Anda memerlukan waktu beberapa lama untuk kembali seperti biasa. Dokter menyarankan empat sampai enam minggu setelah melahirkan, tapi semua tergantung pada tubuh Anda.

8. Memiliki penyakit panggul
Tentu saja, ini bukan hal yang menyenangkan untuk dimiliki. Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan.

9. Tidak berhubungan seks dalam waktu lama
Jika Anda telah lama tidak berhubungan seks dengan pasangan, sangat wajar rasanya jika rasanya akan sakit ketika melakukannya kembali.

10. Anda langsung melakukan hubungan seks
Anda sering lupa bahwa foreplay sangat penting dalam berhubungan seks. Selain untuk menghasilkan pelumas alami, foreplay juga sangat penting untuk membangkitkan gairah agar seks berjalan lebih menyenangkan.