Sukses

6 Kesalahan Memasak yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

Tanpa disadari Anda mungkin melakukan beberapa kesalahan ini saat memasak.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, memasak adalah kebutuhan, tetapi sebagian juga menganggap kegiatan itu adalah sebuah karya seni. Kesalahan-kesalahan dalam memasak bisa merusak hasil karya seni tersebut.

Tak hanya itu, meski terkesan sepele, tetapi kesalahan dalam memasak bisa mempengaruhi nilai gizi bahkan keamanan bahan pangan sendiri. Dikutip dari Metro, Rabu (6/4/2016), inilah kesalahan memasak yang mungkin Anda lakukan selama ini.

1. Daging dan ayam
Mngkin Anda sudah tidak sabar memakan daging dan ayam yang baru saja selesai dimasak. Padahal untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat dan juicy, Anda perlu membiarkan terlebih dahulu daging dan ayam yang baru saja dimasak selama 5-20 menit.

2. Sayuran beku
Sayuran beku salah satu pilihan praktis bila Anda tidak sempat membeli sayuran untuk teman makan Anda. Namun, kesalahan yang sering dibuat saat mengolah makanan ini adalah menghangatkannya ke dalam microwave. Memasukkannya ke dalam microwave tidak akan membuat sayuran menjadi lembut tetapi tetap keras dan tidak enak dimakan. Cara terbaik untuk memasaknya adalah dengan mengukusnya.

3. Pasta
Untuk menghasilkan pasta yang enak dengan tekstur yang sempurna, kuncinya adalah pada merebusnya. Tambahan sedikit garam dan minyak saat merebus pasta adalah hal yang kerap dilupakan orang.

4. Telur
Supaya cepat mungkin Anda kerap memecahkan telur di mangkok atau wajan. Padahal itu bisa meningkatkan kemungkinan pecahnya kuning telur. Maka pilihlah permukaan datar untuk membantu Anda memecahkan telur.

5. Ikan
Jika Anda memasak ikan pada wajan, maka pastikan alat masak itu benar-benar panas saat Anda menaruh ikan di atasnya. Ini demi ikan tidak lengket pada wajan. Memasak ikan juga tidak boleh terlalu lama dan kering.

6. Menggoreng
Pastikan makanan tidak terlalu penuh di wajan saat digoreng. Sebab, makanan menjadi lebih sulit matang dan risiko saling menempel lebih besar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.