Sukses

IndoFest 2016, Dongkrak Tren Kegiatan Outdoor di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Menjawab animo dan tren kegiatan alam bebas yang kini sedang marak di berbagai kalangan, Indonesia Outdoor Festival atau IndoFest kembali digelar tahun ini. Acara yang tahun 2015 lalu bernama Outfest ini akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, 6-10 April 2016. 

Tak hanya ditujukkan untuk para pecinta alam, IndoFest 2016 kembali merangkul para pegiat kegiatan outdoor lainnya, seperti pengarung sungai, penelusur goa, pemburu, penyelam, penerjun, peneliti alam, pesepeda, offroader, sampai fotografer. Festival akbar ini juga mengajak masyarakat yang belum mengenal kegiatan outdoor atau yang ingin lebih mengenal kegiatan alam bebas di Indonesia.

Ketua Pelaksana, Eva Fitri Yani (kiri) dan Ketua umum, Disyon Toba (kanan) saat menjawab pertanyaan dari awak media dalam konferensi pers IndoFest 2016

Menurut Ketua Umum IndoFest, Disyon Toba kepada Liputan6.com, kebutuhan gaya hidup sehat, variasi liburan, serta pengembangan hobi kegiatan outdoor menyumbang peluang bisnis potensial di Indonesia. 

"Salah satu faktor pendukung utama acara ini adalah tingginya minat masyarakat saat ini akan kegiatan outdoor," ujar Disyon Toba usai konferensi pers di Lagunas Restoran, Rabu (30/3/2016).

Selain itu, Disyon meyakinkan produk dalam negeri bisa mengimbangi kualitas luar negeri. Ia mengharapkan lewat kegiatan ini, geliat industri peralatan outdoor dalam negeri bisa merangkak naik dan menyangi luar negeri.

"Produk dalam negeri sudah hampir bisa menyangi kualitas luar negeri, tetapi terbentur oleh daya beli orang Indonesia yang melihat harga jadi faktor penentunya," tambah Disyon.

Masyarakat ekonomi ASEAN yang bergulir sejak 31 Desember 2015 lalu tidak menyurutkan gerak pengusaha produk dan perhelatan tersebut walau sudah pasti ada persaingan dengan brand internasional. 

"Untuk itu kami berharap masyarakat Indonesia mulai bisa melirik produk lokal dalam mendukung meningkatnya industri dalam negeri," lanjut Disyon Toba.

Pada penyelenggaraan kedua festival outdoor di Indonesia ini, penyelenggara IndoFest menargetkan kenaikan jumlah pengunjung sampai 75.000 orang dari yang sebelumnya 40.000 orang. Selain itu, Disyon mengatakan target transaksi pun ikut meningkat dari IndoFest dari Rp 20 miliar menjadi Rp 30 miliar.

Hadir pula Ketua Pelaksana IndoFest 2016, Eva Fitri Yani yang mengatakan acara ini sudah mulai mendapat dukungan penuh pemerintah lewat Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Pemprov DKI Jakarta. 

Eva Fitri Yeni menjelaskan bahwa IndoFest 2016 akan lebih besar

"Pihak Kemenpar dan Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh acara ini lewat publikasi dan infrastruktur penunjang kegiatan ekstrem yang akan kami selenggarakan," ujar Eva

Selain pameran produk outdoor, IndoFest juga akan mengadakan seminar berbentuk talk show yang menghadirkan beragam narasumber dari berbagai latar belakang. Seperti blogger, penyelam, dan lainnya. Beberapa di antaranya, seperti Ramon Y. Tungka, Nila Tanzil, Marischka Prudence, dan masih banyak lagi.