Sukses

Tips Liburan di 'Tanggal Tua'

Walaupun tanggal tua, liburan tetap jalan. Berikut caranya!

Liputan6.com, Jakarta 'Tanggal tua' merupakan ungkapan yang menggambarkan keuangan seseorang berada dalam masa kritis. Hal ini biasa terjadi pada anak kost dan tak sedikit para pekerja, khususnya bagi mereka yang tinggal di kota besar.

Namun liburan di tanggal tua apakah memungkinkan? Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (4/11/2015), berikut cara agar tetap liburan meski di tanggal tua.

1. Persiapan dengan riset

Anggaran yang sangat menipis dan terbatas tentunya membuat tahapan ini merupakan proses paling panjang untuk Anda mempertimbangkan liburan saat tanggal tua. Usahakan untuk melakukan riset terlebih dahulu perihal tempat-tempat apa saja yang bisa dikunjungi dan akomodasinya. Kalau memungkingkan cari tempat wisata dan akomodasi yang gratis sehingga isi kantong tidak tergerus.

2. Gunakan transportasi umum 

Salah satu cara untuk menghemat anggaran liburanmu adalah dengan menggunakan transportasi umum. Bahkan untuk beberapa kondisi, nebeng atau menumpang teman atau orang lain sangat berguna untuk menghemat pengeluaran Anda. Menggunakan transportasi akan membantu Anda bertemu dengan banyak orang yang bisa dijadikan teman liburan sehingga jauh lebih hemat.

3. Pilih makanan lokal 

Pilihlah makanan lokal dan pinggiran bukan berarti menghilangkan esensi dari kuliner yang sebenarnya. Malah makanan tersebut mendekatkan diri Anda dengan nilai kelokalan setempat. Hal ini jelas berguna untuk menghemat anggaran liburan Anda sehingga tetap bisa jalan walau tanggal tua.

4. Jangan malu untuk menawar
Untuk sebagian orang, kegiatan ini agak merepotkan dan memakan waktu lama saat berlibur. Padahal cara ini ampuh untuk menekan biaya liburan Anda pada tanggal tua. Selain itu, aktivitas ini akan melatih untuk lebih waspada kepada beberapa oknum pedagang yang berniat menipu Anda.

5. Berlibur tak harus jauh-jauh
Tahapan ini merupakan bagian untuk Anda berpikir akan liburan yang tak harus jauh. Namun, dengan melihat keterbatasan dana pada tanggal tua, lokasi dan pilihan tempat yang tepat akan membuat liburan Anda lebih nikmat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini