Sukses

9 Aplikasi Wajib Punya untuk Mencari Pekerjaan

Jika Anda seorang lulusan baru dan tengah mencari pekerjaan, berikut ini aplikasi yang harus ada pada gadget Anda.

Liputan6.com, Jakarta Setelah lulus dari perguruan tinggi, Anda akan mencari pekerjaan. Berbeda dengan saat internet belum berkembang dimana Anda harus mencari lowongan kerja secara manual, di era digital ini, kegiatan mencari kerja terbantu dengan kecanggihan teknologi seperti berbagai aplikasi di smartphone atau gadget lainnya.

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda menemukan dan mengorganisir lamaran Anda dan memberikan informasi pekerjaan yang sesuai untuk Anda. Nah, Anda penasaran aplikasi apa saja yang harus Anda miliki tersebut?

Seperti dilansri dari situs Torontosun pada Rabu (15/7/2015), berikut ini aplikasi-aplikasi yang harus ada pada gadget Anda ketika ingin mencari pekerjaan.

 

Twitter dan Instagram
Platform jaringan sosial seperti Twitter dan Instagram memungkinkan Anda untuk mengikuti orang pribadi ataupun perusahaan. Anda dapat memiliki diskusi publik dan berbagi link, foto dan video yang bisa menunjukkan kemampuan dan kreativitas pribadi Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Wajib Punya untuk Mencari Pekerjaan

Indeed Jobs
Anda dapat mengakses mesin pencari pekerjaan ini dengan menggunakan akun Facebook Anda. Aplikasi ini menyimpan resume Anda sehingga memudahkan Anda untuk tidak mengunggah data diri Anda berulang kali. Dengan aplikasi ini, resume akan dikirimkan kepada perusahaan yang berkaitan.

Kijiji
Kijiji adalah platform untuk iklan baris online. Anda dapat melihat daftar lowongan pekerjaan dengan mudah melalui gadget Anda secara lengkap mulai dari jenis pekerjaan, kategori, provinsi, kota dan divisinya. Jika lowongan tersebut sesuai dengan skill Anda, Anda dapat menghubungi pihak SDM perusahaan tersenut dengan alamat yang juga tertera pada aplikasi Kijiji ini.

Google Maps
Aplikasi Google Maps membantu Anda dengan memberikan peta rute Anda untuk wawancara kerja, baik itu akan Anda tempuh dengan mengemudi, berjalan atau menggunakan kendaraan umum.

LinkedIn
Aplikasi Linkedin ini menghadirkan akses langsung ke jaringan profesional Anda. Banyak perusahaan yang memantau calon pekerja dengan menggunakan aplikasi ini. Selain itu aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memantau perusahaan idaman Anda dan Anda bisa mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan baru.

3 dari 3 halaman

Aplikasi Wajib Punya untuk Mencari Pekerjaan

CamCard
Aplikasi ini dapat menyimpan informasi kartu kontak baru. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menambahkan catatan dan pengingat serta menerima update kontak dari perushaan-perusahaan.

Evernote
Semua informasi Anda dapat terorganisir dan dapat diakses serta disinkronkan ke setiap perangkat dan komputer yang Anda gunakan melalui aplikasi ini. Gunakan fitur catatan merekam informasi atau jadwal interview pekerjaan yang Anda miliki agar tidak sampai melewatkan waktu wawancara.

Google Docs
Anda dapat menikmati akses cepat ke dokumen Anda kapan saja dari berbagai perangkat, yang memungkinkan Anda untuk menampilkan atau berbagi data kemampuan dan skill yang Anda miliki kepada perusahaan terkait.

Skype
Terakhir jangan lewatkan kesempatan untuk menerima panggilan pertemuan tatap muka dengan perekrut di mana pun Anda berada.

(mit)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini