Sukses

Trik Selfie Aman di Tempat Wisata Ekstrem

Ketika berlibur, tren selfie sudah menjadi kewajiban, Untuk menjaga keselamatan di saat selfie, berikut trik yang dapat Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini kita mendengar banyaknya kasus kecelakaan saat melakukan selfie ditempat wisata alam atau tempat berbahaya lainnya. Salah satunya terjadi baru-baru ini, seorang mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang terjatuh ke kawah gunung merapi setelah selfie di puncak gunung. Kemudian sebelumnya kasus tewasnya seorang pelajar di Madiun setelah selfie di rel kereta api sehingga tersambar kereta dan kejadian-kejadian naas lainnya.

Beberapa kejadian ini membuat kita semakin was-was untuk melakukan selfie. Keinginan untuk mengabadikan momen berakhir malapetaka. Tentu Anda tidak ingin ini terjadi bukan. Jadi, perhatikanlah keselamatan saat akan mengambil foto selfie.

Dilansir dari theguardian.com, Kamis (21/5/2015), berikut etika selfie yang harus dipatuhi agar terhindar dari kecelakaan.

1. Lihat Kondisi Alam

Melihat kondisi merupakan cara pintar agar terhindar dari kecelakaan di saat mengambil foto selfie. terkadang, di saat Anda melihat keindahan pemandangan yang ada di depan mata, Anda lupa beberapa kondisi dari tempat tersebut, seperti tebing yang curam, hutan yang rimbun, atau binatang buas yang bisa saja setiap saat mengintai. Jika Anda sudah yakin bahwa lokasi Anda tersebut aman, Anda dapat melakukan selfie sepuasnya.

2. Perhatikan Cuaca

Cuaca yang buruk juga dapat menjadi faktor terjadinya kecelakaan saat melakukan selfie. Cuaca yang tidak menentu akan mempengaruhi keadaan alam, seperti licin, terik matahari, dan suhu dingin. Selain akan berimbas pada keselamatan, hal ini juga mempengaruhi hasil foto yang Anda dapat kurang maksimal. Anda harus melakukan persiapaj untuk selfie jika menemui cuaca yang sulit seperti ini.

3. Jangan Abaikan Larangan

Tempat wisata alam biasanya memiliki papan-papan larangan sebagai petunjuk untuk wisatawan. Namun, sebagian besar orang tidak memperdulikan peringatan tersebut sehingga kecelakaan saat mereka melakukan selfie. Perhatikan peringatan seperti larangan memanjat tebing atau berfoto di area hutan dengan binatang liar.



4. Bersikap Sewajarnya

Melihat pemandangan yang indah dan mengagumkan akan membuat Anda ingin mengambil foto selfie dengan segera. Namun sebaiknya bersikaplah sewajarnya. Jangan terlalu senang dan gembira. Kondisi mental yang seperti ini akan membuat Anda hilang konsentrasi dan hal ini bisa saja menjadi penyebab terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan.

5. Mawas Diri

Selfie juga dijadikan wadah untuk berekspresi bagi sebagian anak muda. Sah-sah saja jika Anda melakukan selfie di mana pun untuk menghibur diri. Namun, mawas diri sangat diperlukan saat Anda melakukan kunjungan wisata. Sekedar berjaga-jaga tidak ada salahnya, bukan? (mit/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.