Sukses

8 Bahan Alami dari Dapur yang bisa Jadi Pembersih Rumah

Ternyata bahan alami dari dapur ini bisa juga digunakan untuk membersihkan rumah, terutama untuk menangani noda yang sulit dibersihkan.

Liputan6.com, Jakarta- Anda mungkin biasa menggunakan pembersih dalam kemasan ketika membersihkan rumah. Padahal ternyata bahan alami dari dapur ini bisa juga digunakan untuk membersihkan rumah, terutama untuk menangani noda yang sulit dibersihkan.

Uniknya, bahan alami ini bahkan bisa Anda temukan dalam lemari dapur ataupun kulkas Anda. Dilansir melalui Good Housekeeping, Rabu (21/1/2015) berikut adalah 8 bahan-bahan alami tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1

1. Lemon

Jeruk lemon dapat menghilangkan kotoran dari microwave Anda, menghilangkan noda dari linen, dan membuat perabot dari kuningan yang sudah kusam menjadi kembali bersinar.



2. Beras

Letakkan sesendok beras mentah yang dicampur dengan air hangat dan deterjen di sebuah piring kecil, lalu diamkan sejenak. Anda bisa menggunakan campuran ini untuk membersihkan bagian dalam perabot keramik yang umumnya sulit dijangkau. Misalnya, bagian dalam vas keramik.

3 dari 4 halaman

2

3. Kecap

Sedikit campuran kecap dapat digunakan untuk mengilapkan perabot atau peralatan dari tembaga, dan termasuk juga membuat permukaan mobil Anda menjadi berkilau!



4. Garam meja

Sulit membersihkan bokong wajan besi yang menghitam? Coba gunakan campuran garam meja, lalu gosok sampai kotorannya luntur perlahan-lahan.


5. Kenari

Furnitur kayu Anda ternyata ada goresannya, coba atasi dengan buah kenari yang berfungsi menghilangkan goresan.

4 dari 4 halaman

3

6. Lemon bubuk atau minuman jeruk

Asam sitrat dalam bubuk minuman favorit Anda ini ternyata dapat membantu menghalau karat dan noda dari wastafel aluminium untuk mencuci peralatan makan Anda.



7. Baking soda

Keampuhan baking soda dalam membersihkan noda sudah cukup dikenal. Campur sesendok baking soda dengan air hangat, ramuan ini akan efektif membersihkan semua jenis kotoran, termasuk mengilapkan perhiasan.



8. Cuka putih

Seperti baking soda, cuka putih adalah alat pembersih yang kuat. Campuran cuka putih dapat menyegarkan cucian pakaian Anda, mengangkat noda dari karpet, hingga mencerahkan kaca jendela.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini