Sukses

Indahnya Warna-Warni Karya Seni dari Beras

Rangoli, karya seni beras yang biasanya menggunakan pola bunga, geometris dan lambang filosofi lainnya,

Liputan6.com, India Beras bagi penduduk Indonesia merupakan bahan makanan pokok. Berbeda dengan di India, beras dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat karya seni.

Seperti yang dilansir dari Stylecraze.com, Senin (23/6/2014), karya seni di India yang menggunakan beras sebagai bahan dasarnya dinamakan Rangoli.

Selain beras, Rangoli yang merupakan seni jalanan tersebut juga menggunakan tepung bahkan ada juga yang menggunakan kunir bubuk. Dapat dikatakan, semua bahan yang digunakan adalah bahan alami dari alam.

Meski disebar di jalanan, bahan-bahan Rangoli tidak akan mencemari lingkungan. Budaya yang satu ini adalah budaya kuno yang kabarnya bisa mendatangkan keberuntungan.

Pola yang biasa dibuat adalah pola bunga, geometris dan lambang-lambang yang sangat filosofis di India. Rangoli biasanya dapat Anda lihat saat ada event-event besar seperti Diwali, Onam, Pongal dan sebagainya.

Pernikahan di India juga biasanya dihiasi dengan Rangoli. Karya seni unik ini dinilai juga sebagai salah satu lambang  atau menyimbolkan jalan untuk kedatangan para Dewa.

Lebih lanjut, jika Anda sedang melangkahkan kaki di jalan yang ada di India, sempatkanlah melihat Rangoli dengan mencocokkan tanggal berkunjung Anda dengan event-event khusus yang ada di sana. (Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini