Sukses

Rumah 'Telur', Desain Rumah yang Ramah Lingkungan

Liputan6.com, China Sebuah rumah biasanya dibangun dengan menggunakan batu bata, semen dan bahan-bahan lainnya yang dinilai cenderung kurang ramah lingkungan. Namun sebaliknya, Daihai Fei, seorang desainer muda asal China berhasil membuat sebuah rumah portable yang ramah lingkungan.

Seperti yang dilansir dari Odditycentral, Kamis (22/5/2014), rumah yang berbentuk seperti telur ini mempunyai rangka yang terbuat dari buluh (bambu) dan kemudian di atasnya dilapisi sebuah karung serta sebuah panel solar di bagian atas untuk digunakan sumber elektrik di dalam rumah kecil ini.

Hal yang menarik di sini adalah karung yang digunakan Daihai. Karung tersebut mengandung serbuk gergaji dan biji rumput. Bilamana karung tersebut rajin disiram dengan air maka dari karung tersebut secara otomatis akan tumbuh rumput yang berfungsi sebagai penghijauan sekaligus berfungsi sebagai penyerap panas sama seperti sistem yang diterapkan pada Atap Hijau (Green Roof).

Di dalam bangunan ini hanya terdapat sebuah ranjang, wastafel kecil, peti kecil dan sebuah lampu yang menggunakan tenaga dari panel solar. Untuk membuatnya mudah dipindah, di rumah ini telah dipasang roda pada bagian bawah.

Berikut tampilan rumah karya Daihai Fei:

Foto: Odditycentral.com