Sukses

Jalin Kerja Sama dengan CBI, Mitigasi Risiko dan Bisnis Kredit Pintar Makin Berkembang

PT Kredit Pintar Indonesia menggunakan layanan credit score & report dari CBI (Credit Bureau Indonesia) guna memberikan akses pinjaman mikro jangka pendek kepada masyarakat.

 

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan fintech P2P atau financial technology peer-to-peer lending PT Kredit Pintar Indonesia menggunakan layanan credit score & report dari CBI (Credit Bureau Indonesia) guna memberikan akses pinjaman mikro jangka pendek kepada masyarakat.

Dengan menggunakan solusi dari CBI, layanan Kredit Pintar yang telah memiliki izin serta diawasi oleh OJK, dapat meningkatkan kualitas manajemen risiko dan mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan yang lebih sehat. Solusi dari CBI membantu PT Kredit Pintar Indonesia untuk memperoleh informasi kredit yang akurat dan up-to-date tentang calon peminjam, sehingga dapat meminimalkan risiko kredit yang mungkin timbul.

Dengan adanya informasi yang lebih lengkap tentang riwayat kredit calon peminjam, PT Kredit Pintar Indonesia dapat mengevaluasi potensi risiko kredit secara lebih efektif, sehingga dapat menentukan suku bunga dan batasan pinjaman yang sesuai. Hal ini membantu perusahaan untuk menjaga kualitas portofolio pinjamannya dan memperkuat posisinya di pasar fintech.

Penggunaan layanan credit score & report dari CBI telah membantu PT Kredit Pintar Indonesia dalam meningkatkan kualitas manajemen risiko dan mendukung pertumbuhan bisnis yang lebih sehat dan berkelanjutan.

"Sistem CBI ini relatif stabil. Pengecekan profil risiko nasabah lebih cepat dan nyaman. Laporan kredit yang sangat komprehensif dari CBI membantu menghasilkan serangkaian fitur yang meningkatkan model score kami dengan baik," kata Direktur Utama PT Kredit Pintar Indonesia, Wisely Wijaya Oeij melalui siaran pers, Jumat (31/3/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi Keuangan Inklusif

Sebagai layanan credit scoring yang digunakan oleh PT Kredit Pintar Indonesia untuk mengembangkan solusi keuangan yang inklusif bagi masyarakat, produk, dan layanan informasi perkreditan yang disediakan oleh CBI memang dirancang untuk membantu perusahaan di dalam menentukan strategi bisnis dan meningkatkan efisiensi serta manajemen risiko yang menunjang pertumbuhan perusahaan yang sehat.

“Di CBI, kami mengerti bahwa untuk memenuhi kebutuhan manajemen risiko yang kompleks bagi perusahaan lembaga keuangan dan non-lembaga keuangan yang bidang usahanya terpapar pada risiko kredit, tidak cukup hanya dengan mengandalkan solusi yang bersifat generik. Karena itu, CBI menyediakan solusi-solusi yang menghasilkan informasi perkreditan yang komprehensif dan didukung oleh kemampuan team lokal Data Scientist dan IT Engineering dalam melayani kustomisasi yang disesuaikan dengan karakteristik dari masing-masing klien kami,” papar Anton Adiwibowo, Direktur Bisnis dan Layanan CBI.

“CBI bangga mendapat kepercayaan dari PT Kredit Pintar Indonesia. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang dapat diandalkan dan terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan PT Kredit Pintar Indonesia atas produk dan solusi manajemen risiko, agar terus bertumbuh dengan sehat dalam menjalankan kegiatan usahanya untuk memberikan akses keuangan kepada masyarakat luas,” tambahnya.

PT Kredit Biro Indonesia Jaya (KBIJ) adalah sebuah perusahaan Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) yang telah berijin dan diawasi oleh OJK, telah berevolusi menjadi Credit Bureau Indonesia (CBI) pada Juli 2022. Perubahan ini dilakukan seiring dengan perubahan produk dan layanan perusahaan yang ditujukan untuk memberikan solusi-solusi baru yang terdepan bagi setiap lembaga keuangan dan non-lembaga keuangan dalam manajemen risiko, untuk mendukung terciptanya inklusi keuangan yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.