Sukses

Kisah Leila Melati Bangun Brand Rokgaliya Selama 11 Tahun

Liputan6.com, Malang - Sebagian perempuan mungkin tak asing dengan Rokgaliya, salah merek busana lokal yang selama 11 tahun fokus memproduksi gaun wanita rok dan menjadi salah satu pionir merek rok di Tanah Air.

Di balik merek Rokgaliya, ada sosok wanita bernama Leila Melati.  Perempuan kelahiran 9 Januari 1991 ini adalah pencipta sekaligus pendiri Rokgaliya. 

Ia memiliki minat yang besar terhadap dunia fashion sejak kuliah. Ia mengendus potensi pasar yang besar untuk brand khusus rok di Tanah Air.

Berawal dari kesukaannya berbelanja pakaian dan melihat teman-teman kuliahnya kerap kesulitan mencari brand khusus rok di toko pakaian, Leila mulai menjual rok secara online lewat situs komunitas Kaskus dan Female Daily. Ia juga mengikuti berbagai bazar di mal sampai akhirnya mendirikan toko pertamanya di Malang Town Square, Kota Malang, Jawa Timur.

"Rokgaliya diambil sebagai nama merek agar mudah dihafal. Galiya diambil dari bahasa Yunani yang berarti tenang dan lembut, sesuai dengan produk Rokgaliya yaitu rok dengan bahan lembut dan nyaman dipakai," ungkap lulusan Universitas Brawijaya dengan predikat cumlaude ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Berkembang Pesat

Dari perjalanan awal hanya bekerja sama dengan dua konveksi, kini Rokgaliya sudah bekerja sama dengan tujuh konveksi besar di Tanah Air. Sementara itu akun media sosial Instagram Rokgaliya (@rokgaliya) saat ini sudah memiliki 600 ribu followers berkat keseriusan Leila dalam mengelola sosial media bersama timnya.

Rokgaliya juga pernah berkolaborasi secara eksklusif dengan artis Natasha Rizky untuk membuat rok khusus travelling dengan nama Nami Skirt  yang terjual habis dalam waktu singkat. Produk Rokgaliya juga laku keras di kalangan artis serta influencer tanpa adanya kerja sama endorsement.

"Fokus kita memang membuat produk dengan kualitas terbaik dengan bahan yang nyaman dipakai tetapi tetap stylish," ujar wanita yang  memulai bisnis sejak menginjak umur 22 tahun.

Dengan angka penjualan mencapai ribuan potong per bulan, Rokgaliya saat ini sudah mempunyai 3 sister brand yaitu Bajubojo, Little Rokgaliya, dan Kattun. Bajubojo terbilang paling sukses dengan jumlah pengikut 350 ribu lebih di Instagram.

"Ke depan, kita akan tetap konsisten membuat produk rok berkualitas dengan harga terjangkau. Di bulan Januari 2023, kita akan re-opening offline store kita di Malang dan membuat sistem reseller," ungkap Leila. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS